Sarimelati Kencana (PZZA) Bukukan Laba Bersih Rp173 Miliar

Sarimelati Kencana (PZZA) Bukukan Laba Bersih Rp173 Miliar

PT Sarimelati Kencana, Tbk (PZZA) berhasil mencatat pertumbuhan penjualan dan peningkatan laba yang sangat siginifikan sepanjang tahun 2018. Pendapatan 2018 setahun penuh perusahaan tumbuh sebesar 18,1 persen yang telah menghasilkan laba bersih lebih tinggi Rp173 miliar atau naik 4,8 persen dibandingkan dibandingkan dengan Rp141 miliar pada periode yang sama di tahun 2017.

Dalam rilis yang diterima duitologi.com (3/4/2019), kontribusi terhadap pertumbuhan ini disebabkan adanya peningkatan jumlah gerai. Tercatat hingga akhir tahun 2018 jumlahnya mencapai 451 gerai. Sepanjang 2018, jumlahnya bertambah sebanyak 59 gerai di mana di mana ada penambahan 20 gerai di kuartal keempat 2018. Sementara di Jakarta, selama kuartal ke-4 tahun 2018, PT Sarimelati Kencana Tbk. membuka tiga toko Pizza Hut Express (PHE).

Selain itu, kontribusi pertumbuhan juga didapat dari kenaikan harga jual rata-rata (ASP) sekitar 3,5 persen pada awal tahun. Dengan strategi baru, yaitu format footprint yang lebih kecil PHE, memungkinkan perusahaan untuk memasuki area perdagangan yang tidak tercakup oleh Pizza Hut Restaurants (PHR) dan Pizza Hut Delivery (PHD) seperti di food court dan area publik kepadatan tinggi lainnya.

Baca juga: 4 Poin Terpenting dalam Mengelola Manajemen Bisnis

Ini membuktikan model bisnis tersebut yang dijalankan secara konsisten menghasilkan pertumbuhan dalam profitabilitas. PZZA akan terus fokus pada pelaksanaan strategi pertumbuhan dengan membangun lebih banyak menyimpan sambil mempertahankan margin melalui efisiensi operasional dan pengendalian biaya. Apalagi yang ada ukuran dan infrastruktur yang berkembang di Perusahaan akan terus mendukung program ekspansi di seluruh Indonesia kepulauan.

Dalam hasil audit penuh tahun 2018 menerangkan total aset PZZA pada akhir tahun 2018 berada di atas Rp2 triliun. Sedangkan total kewajiban dan ekuitas masing-masing sekitar Rp818 miliar dan Rp1 triliun. Sarimelati Kencana akan terus mempertahankan struktur modal yang sehat dan keseimbangan utang dan ekuitas untuk memastikan keberlanjutan pertumbuhan dan akses ke dana dengan biaya yang masuk akal.


Pembaruan Bisnis dan Strategi

Selama kuartal keempat tahun 2018, PT Sarimelati Kencana, Tbk (PZZA) membangun total 20 gerai baru yang terdiri dari Pizza Restoran Hut (PHR), Pengiriman Pizza Hut (PHD) dan Pizza Hut Express (PHE), menjadikan jumlah total gerai yang dioperasikannya secara keseluruhan 451 unit.

Pencapaian sampai saat ini sejalan dengan rencana keseluruhan untuk tahun 2018 dan menunjukkan komitmen PZZA untuk mempertahankan layanan penuh dan pengiriman. Modal yang dikeluarkan (CAPEX) untuk merealisasikan strategi bisnis secara keseluruhan sebesar Rp305 miliar yang dialokasikan terutama untuk membangun toko baru.

Baca juga: Langkah Pintar Menganalisa Rencana Keuangan dalam Setahun

Pertumbuhan Same Store Sales (SSSG) selama tahun 2018 tercatat sedikit lebih rendah 0,1 persen dibanding tahun 2017 yang mencapai 5,9 persen. Pada tahun 2019, SSSG mencapai di mana pada 2018 pencapaiannya sebesar 5,8 persen yang terdiri dari 4,8 persen PHR dan 10,7 persen PHD sedikit lebih rendah dari 5,9 persen pada tahun 2017.

Dilihat dari perluasan fasilitas manufaktur makanan yang ada, pada akhir 2018, PT Sarimelati Kencana Tbk. masih bernegosiasi dengan pemilik tanah tertentu di Jawa Barat untuk membangun gerai baru dan fasilitas baru untuk sausage, pasta, dan frozen dough. Dengan konstruksi mulai tahun 2019, PZZA berencana untuk mulai mengoperasikan fasilitas sausage dan frozen dough, serta fasilitas baru pasta sekitar tahun 2021.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 5, 2019, 3:12 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.