Mengenal SimPel, Tabungan Anak untuk Mendorong Budaya Menabung

Mengenal SimPel, Tabungan Anak untuk Mendorong Budaya Menabung

Anak bukan hanya harus dikenalkan dengan konsep uang. Lebih dari itu, anak juga harus didorong mengenal konsep pengelolaan uang. Salah satunya membangun budaya menabung sejak dini. Orangtua punya kewajiban untuk membangun karakter budaya melalui tabungan yang dinamakan SimPel (Simpanan Pelajar).

Sebagai produk simpanan khusus untuk pelajar, nasabah tabungan ini bisa saja mulai dari anak usia dini (PAUD) sampai SMU dan sekolah sederajatnya. Persyaratan untuk membuka rekening tabungan anak ini terbilang mudah dan sederhana. Tujuannya sudah pasti untuk mendorong para belajar membangun budaya gemar menabung dan melatih mengelola keuangan mereka sendiri.

Baca juga: Siapkan Dana Pendidikan Anak dengan Tabungan

Sejak pertama kali diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 14 Juni 2015, tabungan pelajar SimPel ini didukung banyak bank di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah BNI Syariah melalui produk BNI SimPel iB Hasanah yang merupakan tabungan dengan akad wadiah untuk siswa berusia di bawah 17 tahun untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

Selain memberikan kemudahan saat membuka rekening, simpanan pelajar ini memberi fasilitas dan keuntungan bagi nasabahnya. Berikut ini fasilitas dan keunggulan tabungan BNI SimPel iB Hasanah:

Fasilitas

1. Setiap nasabah akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM atau debit yang disebut SimPel iB Card.

2. Nasabah juga akan dapat menerima dana secara otomatis (otokredit) dari rekening Tabungan iB Hasanah/iB Bisnis Hasanah/Prima Hasanah/ Giro iB Hasanah Perorangan milik orangtua atau wali dengan menggunakan standing order.

3. Tabungan SimPel ini juga dilengkapi dengan e-banking seperti ATM, sms banking, phone banking untuk cek saldo, dan internet banking untuk cek saldo.

Keunggulan

1. Setiap nasabah akan mendapat SimPel iB Card sebagai kartu ATM pada jaringan ATM (ATM BNI, ATM Bersama, ATM Link) dan kartu belanja (debit card) di merchant yang menggunakan EDC berlogo GPN di seluruh Indonesia.

2. Nama anak tertera pada buku tabungan dan SimPel iB Card.

3. Dapat melakukan transaksi di counter teller BNI dan BNI Syariah seluruh Indonesia.

3. Orangtua akan mendapat SMS notifikasi terkait pengelolaan keuangan tabungan.

Baca juga: Bingung Pilih Bank untuk Tabungan? Simak Tips ini


Melalui produk tabungan anak BNI Syariah ini, para pelajar diajari secara bertahap cara mengelola keuangan, merencanakan penggunaannya, dan bertanggung jawab, karena jumlah penarikan dana dibatasi dan harus dilakukan atas sepengetahuan orangtuanya.

Program SimPel juga akan membentuk pelajar untuk memiliki kebiasaan menyimpan atau menabung sejak dini karena produk ini ditargetkan untuk siswa sejak tingkat PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sampai dengan siswa SMA atau sederajat. Apabila siswa telah terbiasa memiliki kebiasaan menabung sejak dini, maka di masa dewasa kelak dapat melakukan perencanaan keuangan dengan baik.

Potensi SimPel BNI Syariah

BNI Syariah memandang pelajar merupakan salah satu segmen potensial untuk mendukung misi BNI Syariah dalam membangun ekosistem halal. Untuk itu, BNI Syariah berkomitmen mendukung program Simpanan Pelajar Syariah iB (SimPel iB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pemimpin Divisi Dana Ritel BNI Syariah Bambang Sutrisno mengatakan pada 2019, BNI Syariah menargetkan penambahan rekening SimPel iB dengan mengadakan program serentak secara bersamaan di 18 provinsi dan 18 sekolah yang berbeda. "Target pembukaan rekening ini memperhatikan jumlah peserta yang diperkirakan sebanyak 1.800 pelajar," kata Bambang dalam rilis yang diterima duitologi.com (28/3/2019).

Baca juga: Cara Menabung Bagi yang Berpenghasilan Pas-Pasan

Target penambahan rekening SimPel iB pada tahun ini bisa dikatakan dua kali lipat dari tahun lalu. Pada 2018, realisasi jumlah rekening dalam program SimPel iB ini adalah 990 rekening dengan nominal Rp484.500.000. Rekening ini terdiri dari dua yaitu mudharabah sebanyak 872 rekening dan rekening wadiah 118 rekening.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
April 1, 2019, 5:12 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.