Tips Memulai Bisnis Sewa Apartemen Agar Untung Optimal

Tips Memulai Bisnis Sewa Apartemen Agar Untung Optimal

Bagi masyarakat urban perkotaan, tinggal di sebuah apartemen saat ini menjadi pilihan utama. Lokasi yang strategis serta didukung dengan kelengkapan fasilitas, membuat tinggal di hunian vertikal merupakan pilihan yang logis.

Kondisi ini pun akhirnya dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan oleh para investor properti, mereka membeli unit apartemen untuk mendapatkan keuntungan dengan disewakan. Rata-rata targetnya adalah para profesional muda ataupun ekspatriat.

Daya tarik bisnis penyewaan apartemen ini muncul karena harga sewa yang cukup menarik. Sebagai contoh, harga sewa unit apartemen per bulan di Casa Grande Apartment yang berlokasi di kawasan Casablanca, Jakarta Selatan ini. Harga sewa untuk tipe 1 bedroom Rp 11.250.000, tipe 2 bedroom Rp16.100.000, dan tipe 3 bedroom Rp23.800.000.

Baca juga: Ini 4 Pilihan Investasi Properti yang Menguntungkan di 2019

Meski sangat menarik, dalam menjalankan bisnis sewa apartemen ternyata bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Jika salah menentukan strategi sewa bukan tidak mungkin, bukan keuntungan yang didapat, tetapi unit apartemen tidak laku disewakan.

Namun, Anda yang tertarik tidak perlu khawatir. Duitologi.com merangkum dan memberi masukan tips bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis sewa apartemen, berikut tipsnya:

Lokasi Strategis dan Fasilitas Apartemen

Pilihlah apartemen yang lokasinya strategis. Jika menggunakan prinsip pasar, semakin strategis lokasi apartemen, maka akan semakin tinggi biaya sewa apartemen yang bisa Anda tawarkan. Selain lokasi yang strategis, fasilitas yang disediakan pengembang apartemen juga harus jadi bahan pertimbangan. Semakin lengkap semakin baik. Gabungan nilai lokasi strategis dan fasilitas yang disediakan untuk menentukan harga sewa yang pantas ditawarkan ke konsumen.


Melakukan Iklan Secara Cerdas

Untuk memasarkan apartemen yang akan disewakan, Anda tidak akan bisa mengandalkan diri sendiri. Anda pasti membutuhkan media untuk mengiklankan apartemen yang akan disewakan. Maka dari itu, temukan media yang tepat untuk memasang iklan properti tersebut. Salah satunya dengan mengiklan di media cetak, media berita online, atau media jual sewa properti. Dengan beriklan di media yang tepat akan mempercepat unit apartemen diisi oleh penyewa.

JIka Perlu Gunakan Agen Properti

Ada cara lain untuk mempercepat unit apartemen Anda disewa, yaitu menggunakan jasa agen properti. Salah satu kelebihan menggunakan jasa broker properti ini adalah mereka memiliki jaringan pemasaran yang sangat luas. Bahkan jika Anda bekerja sama dengan broker brand ternama, mereka memiliki kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah. Sehingga, informasi unit apartemen yang Anda sewakan menjadi lebih luas.

Renovasi dan Upgrading

Hal ini cukup penting diperhatikan. Sebelum menyewakan, lakukan renovasi atau upgrade pada bagian-bagian apartemen yang mengalami kerusakan. Cek secara keseluruhan seperti cat dinding, kondisi funitur, kondisi dan peralatan kamar mandi, listrik dan lampu-lampu. Renovasi dan upgrade unit apartemen Anda ini bertujuan agar mampu menarik penyewa. Jika luasan unit apartemen tidak terlalu luas, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan furnitur yang fungsional atau pengaplikasian cat dengan warna putih.

Baca juga: Pasangan Baru, Beli Rumah atau Mengontrak?

Apabila unit apartemen dikelola dengan baik, bisnis sewa apartemen bisa sangat menguntungkan. Selain aset yang Anda miliki selalu bertambah nilainya, properti juga dapat mendatangkan keuntungan dari penyewa yang membutuhkan properti kita. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 25, 2019, 10:57 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.