5 Pilihan Bank Terpercaya untuk Tabungan Haji

5 Pilihan Bank Terpercaya untuk Tabungan Haji

Anda pasti pernah mendengar banyak sekali kasus penipuan berkedok ibadah haji dan umroh. Salah satu kasus yang cukup menghebohkan kasus penipuan dan penggelapan dana 12.845 orang jamaah haji dan umroh di kota Bandung pada medio 2018. Kasus penipuan tersebut seharusnya menjadi peringatan bagi calon jamaah haji agar tidak mudah tergiur dengan iming-iming harga murah dan fasilitas mewah yang ditawarkan.

Menunaikan ibadah haji memang membutuhkan biaya yang tidak murah. Puluhan juga harus dikeluarkan agar bisa mewujudkan niat baik menuju Tanah Suci. Maka dari itu, memilih lembaga keuangan yang memiliki kredibilitas dan legalitas resmi seperti membuka tabungan haji pada bank-bank resmi yang telah bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag).

Baca juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikaan Saat Membuka Tabungan Haji

Agar terhindar dari berbagai jenis penipuan haji, calon Jemaah haji juga harus memilih tabungan haji dari lembaga keuangan seperti bank yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Berikut ini lima bank terpercaya yang memiliki tabungan haji:

1. Tabungan Haji Bank BRI


Produk yang diperuntukan bagi perorangan guna mempersiapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Keuntungan yang diberikan dari Tabungan Haji Bank BRI ini antara lain:

1. Gratis biaya administrasi, gratis asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa dengan maksimum cover hingga 120 persen dari saldo akhir maksimal Rp50.000.000, terintegrasi online dengan SISKOHAT Kemenag.

2. Penarikan tidak dibatasi sepanjang memenuhi batas saldo minimum.

3. Diberikan souvenir perlengkapan haji.

4. Saldo mencapai Rp25.000.000 akan dibantu penginputan data calon jemaah haji untuk memperoleh nomor validasi pendaftaran haji.

2. Tabungan BNI Haji


Tabungan BNI Haji ini memberi keuntungan sebagai berikut:

1. Gratis premi perlindungan asuransi jiwa karena kecelakaan dengan manfaat pertanggungan asuransi maksimal sebesar nilai BPIH dan mendapatkan beasiswa untuk ahli waris maksimal Rp30.000.000.

2. Gratis biaya pengelolaan rekening, dan gratis biaya pembukaan dan penutupan rekening.

3. Setoran awal saat membuka rekening Tabungan BNI Haji minimun Rp500.000 dan setoran wajib setiap bulannya minimum Rp5.000.

3. Mandiri Tabungan Haji dan Umroh


Mandiri Tabungan Haji dan Umroh akan memudahkan nasabah dalam mempersiapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji baik Haji Reguler, Haji Khusus (Haji Plus) maupun Umroh. Keuntungan yang diberikan antara lain:

1. Setoran awal dan selanjutnya yang ringan minimum Rp100.000.

2. Membantu meringankan penyiapan dana untuk menunaikan ibadah haji.

3. Dapat dibuka di seluruh cabang Bank Mandiri.

4. Gratis biaya pembukaan, administrasi dan penutupan rekening.

5. Memberi kemudahan berupa penyetoran dapat dilakukan secara tunai di cabang atau melalui fasilitas pemindahbukuan melalui mandiri e-banking (Mandiri ATM, Mandiri SMS, Mandiri internet dan Mandiri call).

6. Fasilitas autodebet dari rekening Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro ke rekening Mandiri Tabungan Haji dan Umroh.

4. Tabungan iB Hijrah Haji Bank Muamalat


Tawaran menguntungkan yang diberikan Tabungan iB Hijrah Haji kepada calon jamaah haji antara lain:

1. Nasabah tidak dikenakan biaya administrasi ataupun biaya pemindahan dana ke rekening Tabungan iB Hijrah Haji.

2. Mendapat souvenir eksklusif berupa perlengkapan haji.

3. Mendapatkan pilihan kartu Shar-E Debit Muamalat yang bisa digunakan untuk transaksi ATM dan pembayaran belanja melalui jaringan ATM Bank Muamalat, ATM Plus/Visa, ATM Bersama, ATM Prima, MEPS dan merchant Visa.

Dengan akad Wadiah, nasabah bisa menabung di bank Muamalat dengan setoran awal sebesar Rp50.000 dan setoran bulanan minimal Rp 50.000 serta kelipatannya. Jika nasabah ingin menutup rekening, akan ada biaya penutupan rekening sebesar Rp50.000.

5. BTN Batara Haji & Umroh