AIA Big Bang Dorong Profesional Muda Berkarier di Industri Asuransi

AIA Big Bang Dorong Profesional Muda Berkarier di Industri Asuransi

PT AIA Financial (AIA) meresmikan AIA Big Bang sebagai bentuk dukungan bagi para tenaga pemasar dan profesional muda yang ingin meniti karier di industri asuransi dan layanan keuangan. Dengan keagenan AIA Big Bang ini, AIA berharap jalur distribusi asuransi dapat memberikan kontribusi dan memperkuat industri asuransi jiwa.

Presiden Direktur PT AIA Financial Ben Ng mengatakan, AIA akan terus mendukung pengembangan tenaga pemasar dengan memberikan program pelatihan berkualitas, perekrutan sumber daya manusia terbaik yang berkelanjutan dan melengkapi tenaga pemasar dengan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. “Salah satu bentuknya dengan pembukaan AIA Big Bang,” katanya dalam press release yang diterima duitologi.com (16/3/2019).

Baca juga: Bisa Dapat Penghasilan dari Media Sosial? Kenapa Tidak!

Berdasarkan data AAJI pada kuartal ketiga 2018, pendapatan premi industri asuransi jiwa di Indonesia mencapai Rp140,94 triliun. Jalur distribusi keagenan memberi kontribusi yang sangat signifikan sebesar 39,7 persen terhadap pendapatan premi tersebut.

Direktur Keagenan PT AIA Financial Ang Tiam Kit menerangkan, Kehadiran AIA Big Bang diharapkan dapat memberikan masyarakat pemahaman lebih baik mengenai profesi agen asuransi dan melihat profesi ini sebagai pilihan karir yang menjanjikan. Melalui interaksi langsung, para tenaga pemasar dan masyarakat umum yang ingin berkarier di dunia asuransi dapat belajar dari agency leaders mengenai bagaimana meningkatkan produktivitas, membangun bisnis asuransi dan meraih standar internasional tertinggi dunia untuk agen asuransi jiwa, yaitu menjadi anggota Million Dollar Round Table (MDRT).


Selain menjadi one stop solution bagi tenaga pemasar asuransi, AIA Big Bang juga merupakan salah satu upaya AIA untuk mendorong kewirausahaan di Indonesia. Kementerian Koperasi dan UKM mencatat rasio wirausaha di Indonesia mencapai 3,1 persen pada akhir 2017. “Jika dibandingkan dengan negara lain terutama Asia, jumlah entrepreneur di Indonesia masih terbilang kecil. Berdasarkan Global Entrepreneurship Index (GEI) 2018, Indonesia berada di urutan ke-94 dari 137 negara,” terang Ang Tiam.

Baca juga: Bank DBS Beri Kemudahan Pencatatan Accurate Online untuk UKM

Kondisi tersebut mendorong AIA untuk menumbuhkan kewirausahaan di Indonesia dengan memberikan generasi muda Indonesia kesempatan menjadi wirausaha di industri asuransi. Agen asuransi dapat menjadi profesi yang tepat bagi generasi muda atau milenial yang mencari fleksibilitas dalam bekerja, di mana umumnya generasi milenial memilih pekerjaan yang memberikan mereka keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sosial.

Selain kewirausahaan, agen asuransi juga merupakan pekerjaan mulia yang membantu masyarakat mempersiapkan masa depan mereka dengan solusi proteksi dan perencanaan keuangan jangka panjang serta memberikan edukasi mengenai pentingnya asuransi dalam memproteksi diri dan keluarga. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan asuransi diharapkan dapat membantu meningkatkan literasi keuangan dan penetrasi asuransi di Indonesia.

Keanggotaan Million Dollar Round Table (MDRT)

Komitmen dan investasi AIA dalam pengembangan tenaga pemasar membuahkan kesuksesan dengan terpilihnya AIA sebagai perusahaan Million Dollar Round Table (MDRT). Pada 2018, AIA memiliki lebih dari 400 anggota MDRT di Indonesia di mana satu dari 10 agen di AIA adalah anggota MDRT. AIA bangga memiliki premier agency dengan produktivitas tinggi yang rata-rata empat kali lebih tinggi di industri asuransi.

MDRT dikenal sebagai standar tertinggi dalam industri asuransi jiwa dan layanan keuangan yang diakui secara internasional. Berdasarkan data MDRT, pada 2018 jumlah agen asuransi jiwa di Indonesia yang menjadi anggota MDRT mencapai 2.048 orang, meningkat 49 persen dari tahun sebelumnya dan menduduki posisi keempat di kawasan ASEAN, setelah Thailand, Vietnam dan Filipina.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 21, 2019, 10:51 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.