Lebih Simpel Mana, Asuransi Perjalanan Cashless atau Reimburse?

Lebih Simpel Mana, Asuransi Perjalanan Cashless atau Reimburse?

Perjalanan selalu penuh dengan ketidakpastian. Anda tidak akan bisa mencegah bila terjadi permasalahan seperti lupa menaruh dokumen perjalanan, imigrasi, atau penanganan bagasi terhadap barang Anda. Dengan asuransi perjalanan, semua contoh permasalahan tersebut bisa ditangani pihak asuransi.

Menurut investopedia.com, asuransi perjalanan adalah semua produk untuk mengganti biaya dan kerugian, serta mengurangi risiko kejadian tidak terduga yang mungkin terjadi dalam perjalanan. Asuransi perjalanan akan memastikan Anda tidak perlu repot atau mengeluarkan uang terhadap kejadian dalam perjalanan wisata. Jadi, asuransi perjalanan akan memberikan rasa tenang selama melakukan travelling.

Baca juga: Trik Sukses Klaim Asuransi Perjalanan

Namun, dalam asuransi perjalanan dikenal ada dua sistem yang diterapkan oleh berbagai perusahaan asuransi, yaitu sistem cashless atau reimburse. Apa bedanya? Mana yang lebih simpel untuk digunakan? Untuk mengetahuinya, duitologi.com telah merangkum dan simak ulasannya sebagai berikut:

Asuransi Perjalanan Cashless

Asuransi perjalanan yang menggunakan sistem cashless, artinya perusahaan asuransi akan menanggung biaya tanpa harus Anda membayar sendiri terlebih dahulu. Dengan sistem cashless ini, Anda tidak perlu repot memikirkan biata saat mendapat permasalahan seperti ketinggalan pesawat, hilangnya bagasi, mengalami risiko kesehatan hingga perlu dilakukan perawatan di lokasi liburan.


Memang sistem ini tidak repot, tetapi ada kelemahan dari sistem cashless, di mana ada batasan plafon yang bisa Anda diklaim. Apabila klaim yang Anda ajukan ternyata melebihi batas yang diberi asuransi perjalanan, mau tidak mau Anda harus menanggung kelebihan biaya tersebut.

Sebagai contoh, Anda mengalami sakit dan harus melakukan perawatan medis dengan biaya sekitar Rp70.000.000. Sementara plafon yang diberikan asuransi perjalanan adalah Rp55.000.000, maka Anda harus membayar sisanya sebesar Rp15.000.000.

Asuransi Perjalanan Reimburse

Asuransi perjalanan reimburse bisa dikatakan kebalikan dari sistem cashless. Dalam sistem reimburse, Anda “dipaksa” untuk menggunakan uang sendiri lebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat melakukan klaim kepada pihak asuransi perjalanan.

Kelemahan asuransi perjalanan reimburse ini, Anda harus menyiapkan uang lebih guna menjaga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat liburan. Hindari membawa uang cash dalam jumlah sangat banyak. Bawalah uang secukupnya untuk keperluan yang mengharuskan uang tunai. Bila lebih mudah dengan kartu kredit, maka gunakan kartu tersebut.

Baca juga: Ini Pilihan dan Ragam Manfaat dari Asuransi Perjalanan

Sebagai contoh, jika Anda diharuskan melakukan perawatan medis saat berlibur di luar negeri, akan lebih baik menggunakan uang tunai. Untuk itu, sebaiknya melakukan penukaran mata uang terlebih dahulu sebelum liburan. Pasalnya, menggunakan kartu kredit lebih rumit dan merugikan karena adanya kurs mata uang yang selalu berubah. 


Selain itu, ada hal yang harus diingat para traveller yang ingin liburan ke luar negeri. Apabila Anda berlibur ke Eropa atau Amerika, bawa kartu kredit dengan logo Mastercard. Apabila bila hanya negara Asia, Anda bisa menggunakan kartu kredit berlogo VISA atau Mastercard.

Untuk mengajuan klaim asuransi perjalanan, jika menggunakan sistem reimburse ini, Anda tentu harus menyertakan bukti bayar. Apabila tidak diberikan bukti bayar, Anda bisa membuat kwitansi sendiri yang mencantumkan biaya medis secara detail.

Mana yang Simpel?

Baik asuransi perjalanan cashless atau reimburse punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk tahu mana yang lebih simpel dan cocok, semua itu tergantung pada kebutuhan dan kesiapan dana Anda. Pilihlah sistem asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Ini Pentingnya Asuransi Perjalanan Bagi Penghobi Travelling

Setelah mengetahui kebijakan dari sistem asuransi perjalanan cashless dan reimburse, tentunya sekarang Anda sudah bisa mengetahui sistem mana yang paling cocok untuk Anda. Dengan memiliki asuransi perjalanan, tentunya akan membuat Anda lebih tenang saat bepergian.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 15, 2019, 2:19 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.