EduPlan, Asuransi Pendidikan dengan Premi Tetap

EduPlan, Asuransi Pendidikan dengan Premi Tetap

Biaya pendidikan yang terus meningkat setiap tahun membuat orangtua harus memiliki perencanaan keuangan yang tepat demi mempersiapkan dana pendidikan anak. Menurut data BPS, biaya pendidikan diasumsikan terus meningkat 10-15 persen setiap tahunnya. Sementara, berdasarkan data AIA Middle Class Survey, 94 persen orangtua berharap anak mereka dapat meraih pendidikan hingga mendapatkan gelar sarjana. Hal ini membuka peluang bagi asuransi pendidikan untuk tumbuh lebih tinggi.

Direktur BCA Suwignyo Budiman seperti dikutip dari laman resmi bca.co.id mengakui, pendidikan memiliki peranan penting dalam meningkatkan taraf hidup. Namun, biaya kerap menjadi tantangan bagi masyarakat dalam menyelesaikan pendidikan. Untuk itu, BCA memberi solusi keuangan yang tepat bagi orangtua dengan menghadirkan asuransi pendidikan Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) sebagai solusi persiapan dana pendidikan anak di masa depan.

“BCA bersama AIA menghadirkan EduPlan untuk membantu orangtua merencanakan pendidikan anak sejak dini. Usia anak sebaiknya dari 15 hari hingga 18 tahun agar lebih murah pembayaran preminya setiap bulan,” kata Suwignyo.

Baca juga: Lebih Baik Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan?

EduPlan merupakan asuransi jiwa tradisional yang tidak hanya memberikan manfaat dana pendidikan untuk anak, tetapi juga manfaat pembebasan premi apabila terjadi resiko pada pemegang polis. Dengan membayar premi yang jumlahnya tetap dan tidak berubah selama 5, 10, atau 15 tahun, EduPlan memberikan jaminan pemberian manfaat dana pendidikan dengan empat kali pembayaran yaitu sebesar 80 persen Uang Pertanggungan (UP) di usia 18 tahun, 40 persen UP di usia 19 tahun, 40 persen UP di usia 20 tahun, dan 40 persen UP di usia 21 tahun.

Manfaat Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan)

Manfaat yang diberikan dalam asuransi pendidikan Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) mulai dari manfaat dana pendidikan dijamin sebesar 200 persen Uang Pertanggungan, manfaat tambahan tidak dijamin (jika ada) berupa bonus tahunan dan bonus akhir polis, dan manfaat meninggal yang dibayarkan apabila tertanggung meninggal.


Selain itu, ada keuntungan tambahan lainnya seperti manfaat tambahan meninggal akibat kecelakaan untuk tertanggung sebesar 100 persen Uang Pertanggungan, manfaat akhir polis akan dibayarkan apabila tertanggung masih hidup hingga akhir masa asuransi dan polis masih berlaku, dan asuransi tambahan payor waiver edu (death/TPD) yang memberikan pembebasan premi apabila pemegang polis meninggal atau menderita cacat tetap total.

Baca juga: Bagaimana Nasib Asuransi Pendidikan Bila Anak Meninggal Dunia?

Dalam asuransi ini juga ada asuransi tambahan agar perindungan lebih maksimal. Polis dapat dilengkapi dengan asuransi tambahan Payor Waiver Edu Comprehensive Critical Cover (C3) yang memberikan pembebasan premi apabila pemegang polis terdiagnosis salah satu penyakit kritis.

Ilustrasi Manfaat

Laman resmi bca.co.id memberi ilustrasi bagaimana pemberian manfaat dari asuransi pendidikan Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan). Berikut ilustrasinya:

Bapak benama Bayu membeli produk produk asuransi pendidikan Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) untuk anaknya, Andi yang masih berusia satu tahun dengan masa asuransi hingga Andi berusia 21 tahun dan pembayaran premi selam 5 tahun. Estimasi Andi akan selesai kuliah pada 20 tahun mendatang.

Uang Pertanggungan (UP) : Rp250.000.000

Premi dasar : Rp64.284.000 per tahun

Premi asuransi tambahan Payor Waiver Edu (Death/TPD) : Rp812.000 per tahun

Premi asuransi Payor Waiver Edu Comprehensive Critical Cover : Rp812.000 per tahun

Total premi yang dibayarkan Bapak Bayu : Rp65.908.000 per tahun


Baca juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Pendidikan?

Dengan hadirnya EduPlan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia akan perencanaan dana pendidikan dan proteksi. Manfaat proteksi yang diberikan EduPlan dapat membantu orangtua merancang pendidikan anak secara terencana, sehingga bila terjadi risiko dana pendidikan anak tetap dapat terpenuhi.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
March 14, 2019, 2 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.