Fitur BCA Keyboard, Kemudahan Transaksi Sambil Chatting

Fitur BCA Keyboard, Kemudahan Transaksi Sambil Chatting

Bagi nasabah BCA, tentu sudah tidak asing lagi dengan layanan BCA mobile. Layanan berbasis internet ini adalah salah satu fitur mobile banking yang dimiliki BCA untuk memanjakan nasabahnya dalam melakukan kegiatan perbankan dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa dijalankan di berbagai macam jenis smartphone. Memasuki usia yang ke-62 tahun, BCA menambahkan fitur terbaru dari BCA mobile untuk semakin mempermudah transaksi perbankan yang diberi nama BCA Keyboard.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam press release yang diterima duitologi.com (23/2/2019) mengakui, digitalisasi produk dalam yang hadir dalam beberapa tahun ini sangat memengaruhi pola dan perilaku masyarakat. Salah satunya adalah perilaku masyarakat dalam hal berkomunikasi. Tren saat ini cukup mengandalkan aplikasi chatting pada smartphone sudah bisa berkomunikasi dengan kerabat dan teman Anda di mana pun berada.

“Beragam digitalisasi perbankan tepat guna kami bangun dalam rangka menjawab tren masyarakat masa kini. Terutama dari habit masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari yang semakin banyak berinteraksi melalui media-media digital, latar belakang inilah yang mendorong BCA untuk menghadirkan fitur baru, yakni BCA Keyboard” kata Jahja di ultah BCA ke-62 di ICE BSD Tangerang, Banten.

Baca juga: Ini Perbedaan SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking

Dirinya menjelaskan, ada kalanya ketika berkomunikasi dengan teman, mengharuskan Anda untuk segera melakukan transaksi perbankan. Maka Anda harus berpindah dari aplikasi chatting lalu ke aplikasi perbankan untuk bertransaksi dan kembali ke aplikasi chatting untuk mengirimkan bukti transaksi. Dengan BCA Keyboard, nasabah dapat melakukan berbagai jenis transaksi yaitu info saldo, mutasi rekening, transfer ke rekening BCA dan transfer ke virtual account BCA.

Untuk bisa menggunakan BCA keyboard ini cukup mudah yaitu hanya dengan mengunduh (download) atau memperbaharui (update) aplikasi BCA mobile versi terbaru. Kemudian, Anda melakukan aktivasi fitur BCA Keyboard pada aplikasi BCA mobile dan memilih BCA Keyboard sebagai keyboard utama pada smartphone Anda.


Dengan BCA Keyboard ini, saat sedang melakukan interaksi melalui aplikasi chatting dan ingin melakukan transaksi perbankan, nasabah dapat langsung membuka aplikasi BCA mobile. Caranya dengan menekan button logo BCA di keyboard-nya (BCA Keyboard) kemudian melakukan transaksi perbankan dan langsung mengirimkan bukti transaksi ke lawan bicara Anda

“Kami menyadari bahwa budaya masyarakat kini mulai bergeser, maka kami pun tidak boleh berhenti di satu titik saja. Kami berkomitmen untuk senantiasa memberikan yang terbaik sesuai kebutuhan nasabah di berbagai kalangan dan usia, selamat menikmati kemudahan transaksi perbankan sambil chatting,” tutup Jahja.

Volume Transaksi BCA

Memang pada tahun ini, BCA sedang menggencarkan digital banking yang dibuktikan dengan menyiapkan dana belanja modal (capex) sebesar Rp5,2 triliun. Dana tersebut diprioritaskan untuk menambah penguatan pada sisi hardware, software, dan security. Pentingnya belanja modal untuk digitalisasi juga dikarenakan volume transaksi digital banking di BCA yang mencapai 97 persen total transaksi per hari.

Baca juga: Karena Praktis, Tren Uang Elektronik Terus Meningkat

Salah satu upaya digitalisasi tersebut adalah penguatan layanan BCA mobile dengan menambah fitur BCA Keyboard. Fitur ini diharapkan dapat menambah peningkatkan volume transaksi digital banking. “Transaksi di luar electronic data capture (EDC) BCA mencapai 17 juta transaksi setiap hari. Ditambah dengan transaksi EDC, BCA melayani 22 juta transaksi setiap hari,” terang Jahja.

Sedangkan untuk pembelian atau top up GoPay melalui BCA jumlah mencapai ada 1 juta transaksi per hari. "Secara nilai transaksi kita selama satu tahun mencapai Rp27.000 triliun selama 2018 karena transaksi kita besar-besar bisa satu kali transaksi besar," tambah Jahja.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 26, 2019, 5:12 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.