Perlukah Asuransi untuk Mobil Bekas?

Perlukah Asuransi untuk Mobil Bekas?

Mengasuransikan mobil merupakan langkah tepat untuk melindungi berbagai kemungkinan risiko seperti kecelakaan atau pencurian. Banyak orang berpikir, asuransi hanya untuk mobil baru. Sebenarnya, asuransi mobil juga sangat penting untuk mobil bekas. Pasalnya, baik mobil baru atau bekas sama pentingnya untuk mendapat perlindungan asuransi. Sebab meskipun mobil bekas, resiko terjadi kecelakaan ataupun diambil orang juga bisa saja terjadi.

Maka dari itu, mobil bekas pun tetap harus diasuransikan agar terlindungi dari berbagai risiko yang mungkin saja terjadi. Dalam memilih asuransi untuk mobil bekas, laman asura.co.id (4/2/2019) menyarankan, untuk memilih asuransi yang memenuhi unsur 3T, yaitu terbaik saat mobil dipakai, terbaik perlindungannya, dan terbaik di isi kantong. 

Jenis Asuransi Mobil Bekas

Mengenai asuransi mobil, tentu akan ada perlakukan berbeda antara mobil bekas dan mobil baru. Perlakukan berbeda pada asuransi mobil bekas bisa dilihat dari dua hal. Pertama, pada mobil bekas perlu dilakukan penaksiran harga mobil terlebih dahulu. Pihak asuransi mensurvei mobil bekas untuk menakar resikonya dengan cek fisik.

Kedua adalah usia kendaraan. Umur mobil akan menjadi pertimbangan apakah mobil layak untuk diasuransikan atau tidak. Namun, untuk hal ini, setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Selain itu, usia mobil juga akan menentukan jenis asuransi yang bisa diambil, apakah total loss only (TLO) atau all risk.

Baca juga: Kenapa Asuransi Mobil itu Penting? Ini Alasannya

Dikutip dari economy.okezone.com (4/2/2019), pilihan asuransi antara TLO dan all risk tergantung pada usia kendaraan. Untuk mobil bekas yang usianya masih di bawah lima tahun, disarankan menggunakan asuransi all risk. Mengambil asuransi jenis ini akan meringankan perbaikan, walaupun hanya kerusakan kecil.

Sedangkan untuk mobil bekas yang usianya di atas lima tahun, maka akan lebih baik mengambil asuransi total loss only (TLO). Alasannya karena jenis asuransi ini memiliki biaya premi lebih rendah sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda.


Premi Asuransi Mobil Bekas

Selain itu, asuransi mobil bekas pun akan berbeda dengan mobil baru dilihat dari sisi premi yang harus dibayarkan. Menurut laman asura.co.id, biaya premi untuk mobil bekas lebih tinggi dibandingkan mobil baru. Mengapa demikian? Sebab mobil bekas memiliki biaya loading berdasarkan umur kendaraannya.

Semakin tua usia mobil, maka resikonya dianggap semakin besar untuk mengalami kerusakan. Biaya loading tambahan ini merupakan tambahan presentase untuk mobil usia di atas lima tahun. Besarnya biaya loading tiap perusahaan asuransi berbeda-beda mulai dari 5-10 persen. Biaya premi bisa bertambah mahal dengan adanya tanggungan pihak ketiga, huru hara, bencana alam dan lainnya.

Pindah Nama Polis Asuransi

Ini bagian yang cukup penting untuk diketahui saat Anda membeli mobil bekas yang masih dalam masa angsuran. Laman gardaoto.com (4/2/2019) menerangkan langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah balik nama polis asuransinya. Biasanya, asuransi sudah dijual sepaket untuk mobil yang dibeli. Untuk itu, kepemilikan mobil tersebut harus pula diketahui perusahaan asuransi. Hal ini wajib Anda lakukan demi menjaga keamanan mobil.

Baca juga: Cara Mudah Menghitung Tarif Premi Asuransi Mobil

Jadi, jika mobil yang sudah di tangan Anda mengalami risiko, Anda sebagai pemilik baru bisa mengajukan klaim ke perusahaan asuransi terkait. Sebaliknya, jika tidak dilaporkan, perusahaan asuransi tidak memiliki kewajiban untuk mengabulkan klaim atas kerugian yang menimpa mobil tersebut. Hal ini sesuai dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), yaitu sebuah peraturan resmi yang dikeluarkan oleh regulator.

Membeli mobil bekas bisa jadi jalan untuk Anda yang menginginkan kendaraan untuk sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan membeli asuransi agar mobil bekas yang Anda beli lebih terjamin, nyaman dan aman.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 8, 2019, 3:22 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.