Pahami 5 Hal ini Sebelum Perpanjang Asuransi Mobil

Pahami 5 Hal ini Sebelum Perpanjang Asuransi Mobil

Sampai saat ini, asuransi masih dipercaya sebangai perlindungan terhadap aset yang dimiliki perorangan atau perusahaan. Salah satunya untuk melindungi aset mobil kesayangan. Alasannya, asuransi mobil akan memberikan ketenangan dan kenyamanan apabila mobil mengalami kecelakaan atau pencurian.

Jika Anda adalah salah satu pengguna asuransi mobil, tentu tahu bahwa setiap asuransi pasti memiliki masa polis. Masa polis berbeda-beda, tetapi umumnya, masa polis asuransi mobil yang diambil adalah satu tahun. Artinya, Anda bisa memperpanjang kembali asuransi ketika masa polis sudah habis.

Baca juga: Apa Saja Jenis Asuransi untuk Kendaraan Anda?

Dalam prosesnya, pilihan untuk memperpanjang polis asuransi bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu manual dan otomatis. Cara perpanjangan tersebut juga tergantung pada tawaran dari perusahaan asuransi mobil yang Anda gunakan. Pasalnya, ada beberapa perusahaan asuransi yang menerapkan sistem layanan perpanjangan asuransi mobil secara otomatis. Artinya, Anda tidak dianggap berhenti jika tidak melakukan konfirmasi perpanjangan, dan biaya premi asuransi serta biaya lain akan ditagih sesuai hitungan yang diberlakukan perusahaan asuransi.

Namun, ada juga perusahaan asuransi yang memberlakukan perpanjangan polis hanya dalam satu kali atau manual. Sehingga Anda harus meminta agen asuransi untuk mengingatkan kembali saat polis akan berakhir. Untuk cara perpanjang polis asuransi mobil, sebagai peserta asuransi Anda dapat melakukan konfirmasi kepada perusahaan asuransi saat polis berakhir.

Jadi, apa yang harus dipersiapkan sebelum perpanjangan asuransi mobil? Simak penjelasannya seperti yang dirangkum duitologi.com.

1. Sistem dan Aturan Perusahaan

Setiap perusahaan asuransi pasti memiliki sistem dan aturan berbeda dalam penerapan asuransi mobil, terlebih terkait perpanjangan asuransi mobil. Biasanya, perpanjangan asuransi mobil otomatis akan dilakukan pada tahun pertama. Untuk tahun-tahun selanjutnya harus dilakukan secara manual. Namun, aturan dan sistem itu bisa berbeda. Untuk itu, sebaiknya sebelum membeli polis asuransi mobil, habis, tanyakan ke bagian terkait mengenai sistem dan aturannya. 


2. Harga Premi

Banyak kejadian yang dialami pemilik asuransi mobil karena ketidaktahuan mengenai harga premi. Bisa saja harga premi asuransi mobil yang baru berbeda dengan harga tahun lalu. Hal ini terkait dengan jumlah dana yang harus Anda persiapkan. Oleh karena itu, sebelum melakukan perpanjangan asuransi mobil, tanyakan lebih dulu berapa harga yang berlaku, apakah masih masa atau berbeda.

3. Pastikan Tabungan yang Cukup

Bila Anda menggunakan sistem perpanjangan asuransi mobil secara otomatis, selain mengetahui nilai premi baru, pastikan dana di tabungan Anda mencukupi. Pasalnya, untuk perpanjangan asuransi mobil secara otomatis akan mengambil biaya secara auto debit.

4. Kepemilikan Kendaraan

Salah satu yang harus diperhatikan saat akan memperpanjang asuransi mobil adalah keinginan Anda untuk mengganti kendaraan. Apabila Anda memiliki rencana mengganti mobil, sebaiknya pastikan seberapa lama Anda akan menjualnya. Bila rencana mengganti mobil dalam waktu dekat, maka Anda bisa memutuskan untuk tidak memperpanjang asuransi mobil.

5. Waspada Tetap Membayar Premi Meski Mobil Sudah Terjual

Kejadian ini biasanya terjadi pada pemilik yang menggunakan sistem perpanjangan asuransi mobil otomatis. Misalnya, Anda telah menjual mobil, sedangkan periode pertanggungan polis masih berlaku. Maka yang harus Anda lakukan adalah mengonfirmasi ke pihak perusahaan asuransi mobil apakah polis bisa ditutup atau tidak, dan apakah ada pengembalian premi yang sudah dibayarkan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari Anda tetap membayar polis asuransi terhadap mobil yang telah dijual.

Baca juga: Kenali Manfaat Asuransi untuk Kendaraan Anda

Memperpanjang asuransi mobil membuat Anda aman dari segala resiko kerugian secara finansial. Namun, jika tidak dipahami secara benar mengenai perpanjangan asuransi mobil, bisa saja kekecewaan yang akan dialami. Usahakan untuk tahu dan mengontrol segala proses perpanjangan asuransi mobil yang Anda ikuti. Jangan takut berasuransi, tetapi waspadalah dalam berasuransi, Semuanya itu untuk kebaikan Anda.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Feb. 8, 2019, 2:44 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.