Ragam Alasan Lansia Harus Punya Asuransi Jiwa

Ragam Alasan Lansia Harus Punya Asuransi Jiwa

Bertambahnya usia akan akan diiringi dengan menurunnya kondisi fisik. Metabolisme dan kesehatan tubuh perlahan akan berkurang. Sayangnya, tidak sedikit orang lupa bahwa memproteksi masa tua menjadi sangat penting. Apalagi ketika masa muda dan produktif menjalani hidup semaunya. Jika itu yang dialami, maka sangat dianjurkan membeli asuransi jiwa saat memasuki lansia.

Banyak manfaat yang bisa didapat dengan memiliki asuransi jiwa khusus lansia ini. Berikut ini beberapa alasan lansia harus memiliki asuransi jiwa seperti dirangkum duitologi.com:

1. Meminimalisir Risiko tidak Terduga

Tidak ada seorang pun yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi masa depan. Atas dasar itu, memiliki asuransi jiwa bagi lansia menjadi sangat penting. Dengan asuransi pemilik polis asuransi jiwa akan mendapat perlindungan jiwa sehingga bisa menjalani hidup dengan nyaman.

2. Keluarga Terjamin

Dengan memiliki asuransi jiwa, jika terjadi musibah atau kejadian yang tidak diinginkan seperti meninggal dunia, maka keluarga yang ditinggalkan akan memiliki dana simpanan yang bisa digunakan untuk melanjutkan hidup.

Uang pertanggungan yang nantinya akan didapatkan ahli waris setidaknya bisa membantu meringankan beban keluarga selepas meninggalnya kepala keluarga. Jadi, kondisi keuangan keluarga masih dapat menopang kebutuhan mereka selepas kepergian tulang punggung keluarga.

Baca juga: Siapa Saja yang Butuh dan Tidak Butuh Asuransi Jiwa


3. Melunasi Utang

Pada beberapa kasus, berusia di atas 60 tahun tidak berarti bebas dari utang. Dengan polis asuransi iiwa yang dimemiliki bisa digunakan untuk melunasi utang yang belum terlunaskan.

4. Menentramkan Masa depan

Dengan mengikuti asuransi jiwa, pemilik asuransi akan dapat menikmati hidup dengan hati yang nyaman dan tenteram tanpa dihantui ketakutan bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

5. Pengganti Pensiun

Jika saat usia lanjut masih menggantungkan hanya pada uang pensiun, maka bisa saja kehidupan masa tua belum tentu akan tenang. Terlebih jika uang pensiun yang akan didapatkan jumlahnya tidak terlalu besar. Belum lagi, bila salah satu pasangan mendapat pensiun karena meninggal dunia, bisa saja dana pensiun yang didapat itu tidak mencukup untuk menjalani hidup di saat lansia. Sebenarnya, polis asuransi jiwa juga dapat digunakan untuk mengimbangi hilangnya pendapatan saat hari tua.

6. Melengkapi Pembagian Warisan

Selain aset yang dimiliki, polis asuransi jiwa bisa menjadi warisan tambahan bagi anak dalam keluarga. Begitu pula bagi keluarga yang tidak memiliki aset, asuransi bisa menjadi warisan untuk dibagikan kepada anak-anak guna melanjutkan kehidupannya.

Baca juga: Cara Tepat Dapat Manfaat Asuransi Jiwa


Namun, saat ingin membeli asuransi jiwa untuk lansia ini, ada tiga hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, jangan sampai pemilihan asuransi jiwa untuk lansia ini tidak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan. Ketiga hal yang harus diperhatikan itu sebagai berikut:

1. Membeli asuransi jiwa untuk lansia harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lansia.

2. Memilih asuransi jiwa yang memberikan perlindungan sesuai dengan kemampuan keuangan.

3. Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi jiwa untuk lansia, calon pemilik asuransi harus terlebih dahulu mengetahui periode eliminasi asuransi terhadap klausul apa saja yang dijaminkan.

Baca juga: Ini Sebab Premi Asuransi Jiwa Menjadi Mahal

Pertimbangan lainnya adalah saat memasuki usia lanjut, idealnya asuransi jiwa yang dibutuhkan harus mempunyai karakteristik seperti tidak membutuhkan pemeriksaan kesehatan, premi yang tetap, dan jaminan perlindungan yang tidak bisa dibatalkan.

Dengan beragam alasan dan pertimbangan mengenai asuransi jiwa untuk lansia di atas, maka diharapkan bisa menjadi referensi untuk memutuskan memilih jenis asuransi jiwa. Tentunya, asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 31, 2019, 3:59 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.