Ini 3 Jenis Asuransi Jiwa yang Tepat untuk Lansia

Ini 3 Jenis Asuransi Jiwa yang Tepat untuk Lansia

Asuransi jiwa bukan hanya untuk orang-orang yang masih di usia produktif dan mampu membayar polis untuk jangka waktu yang lama. Namun, asuransi juga penting untuk orang-orang yang berusia lanjut. Sebenarnya, asuransi jiwa untuk para lansia ini sudah ada sejak lama. Sayangnya, banyak para lansia kurang peduli dalam memproteksi dirinya.

Ada beberapa produk asuransi jiwa yang bisa dijadikan pilihan bagi para lansia yang dapat disesuaikan manfaatnya dengan kebutuhan dan kemampuan nasabah. Produk asuransi jiwa untuk lansia tersebut merupakan asuransi yang tidak memerlukan pemeriksaan kesehatan rutin, premi tetap, maupun jaminan perlindungan yang tidak bisa dibatalkan.

Berikut ini duitologi.com merangkum tiga jenis asuransi jiwa yang sesuai untuk orang tua berusia lanjut.

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Asuransi jiwa berjangka adalah perlindungan asuransi yang memberikan jaminan asuransi kepada pemegang polis asuransi (tertanggung) selama jangka waktu tertentu. Apabila terjadi risiko kematian selama kontrak asuransi berlangsung, maka pihak asuransi akan membayar sejumlah uang pertanggungan. Jangka waktu pembayaran premi dapat dipilih sesuai kebutuhan, antara lain bulanan, triwulan, atau tahunan untuk jangka kontrak asuransi.

Baca juga: Siapa Saja yang Butuh dan Tidak Butuh Asuransi Jiwa

Namun, bukan berarti asuransi jiwa berjangka tidak cocok untuk para lansia. Para lansia banyak yang memilih produk asuransi ini dengan kebutuhan yang berbeda. Pasalnya, asuransi ini merupakan jenis asuransi jiwa yang paling mudah dan prosesnya sederhana karena dapat diambil dalam jangka waktu tertentu seperti 10 tahun, 15 tahun, atau 20 tahun.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Asuransi jiwa seumur hidup memiliki sistem untuk memberikan perlindungan kepada nasabah selama hidup tertanggung hingga usia 99 atau 100 tahun. Jika polisnya selalu aktif dengan cara membayar premi maka pihak tertanggung juga akan mendapatkan perlindungan. Tetapi dengan catatan, untuk melindungi cacat tetap biasanya berakhir pada usia tertentu yaitu 60 tahun.


Asuransi ini dirancang untuk mengembalikan keadaan keuangan setelah nasabah meninggal. Selain itu, jika sedang dalam keadaan terdesak, pemegang polis juga bisa mengambil dana asuransi ini sewaktu-waktu. Intinya, asuransi jiwa seumur hidup ini adalah untuk memberikan pertanggungan kepada ahli waris peserta pada saat peserta ini meninggal dunia. Keluarga yang ditinggalkan tidak akan mengalami kesusahan dan kerepotan masalah finansial di kemudian hari.

Memang dengan memilih asuransi jenis ini pemegang polis akan mengeluarkan uang yang relatif cukup besar setiap bulannya. Namun, nilai pertanggungan yang akan didapat pun sangatlah besar. Jadi cukup seimbang antara yang dibayarkan dengan fasilitas yang bisa didapat.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance) 

Asuransi jiwa dwiguna ini adalah asuransi yang menggabungkan dua keuntungan dari asuransi jiwa berjangka dan asuransi jiwa seumur hidup. Asuransi jiwa dwiguna ini akan memberikan jumlah uang pertanggungan saat tertanggung meninggal dunia, sekaligus memberikan seluruh uang pertanggungan jika ia masih hidup pada masa akhir pertanggungan.

Baca juga: Cara Tepat Dapat Manfaat Asuransi Jiwa

Pada asuransi dwiguna, nasabah akan mendapatkan sejumlah uang tertentu di periode-periode yang telah disepakati dan uang pertanggungan yang akan turun ke ahli waris jika pemegang polis meninggal dunia. Produk ini berguna bagi calon pemegang polis yang ingin keluarga tertanggung terlindung dari dampak keuangan karena kematian dini.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli asuransi jiwa untuk lansia, ada baiknya untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, pilihan asuransi yang akan dibeli bisa sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan. 

ads
Blogger Pemula

Blog Tutorial, SEO, Widget dan Pengetahuan

www.blogodot.com

Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 31, 2019, 1:50 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.