Ini Keuntungan Membeli Asuransi Kesehatan untuk Lansia

Ini Keuntungan Membeli Asuransi Kesehatan untuk Lansia

Seiring bertambahnya usia, perlindungan terhadap kesehatan menjadi sangat penting. Semakin bertambahnya usia, risiko terserang penyaki akan semakin besar. Kelompok usia tua cenderung membutuhkan pelayanan kesehatan khusus, baik dari segi pencegahan maupun pengobatan. Maka dari itu, persiapan menjelang hari tua sangat diperlukan seperti membeli asuransi kesehatan untuk lansia.

Namun, bagaimana jika ketika usia senja belum memiliki asuransi kesehatan? Tidak perlu khawatir, saat ini ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan untuk para lansia. Dengan memiliki asuransi kesehatan, para lansia akan tetap mendapatkan pelayanan kesehatan di masa tua dengan terjamin dan para lansia tidak perlu membayar pengobatan dengan harga selangit di rumah sakit.

Keuntungan Asuransi Kesehatan untuk Lansia

Beberapa perusahaan asuransi memang memberi penawaran bagi para lansia untuk membeli asuransi. Memang pemilihan produk asuransi kesehatan yang ditawarkan untuk para lansia ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu saja, setiap produk asuransi kesehatan akan memberikan keuntungan yang maksimal.

Menurut laman agenasuransijiwa.co.id, keuntungan maksimal itu akan disesuaikan dengan pilihan produk asuransi kesehatan, besaran premi, dan tenggat waktu yang diambil. Jika dilihat dari preminya, sudah pasti pembayaran premi untuk asuransi kesehatan lansia nilainya akan lebih besar. Namun, bila dilihat dari pelayanan dan perawatan yang diberikan pemegang polis terbilang cukup ideal. 

Baca juga: Jangan Salah Memilih Asuransi Kesehatan, Perhatikan Kriterianya


Selain hal yang sudah dijelaskan tersebut, apa keuntungan lain yang bisa didapat pemegang polis asuransi kesehatan lansia? Berikut penjelasannya.

1. Mendapat layanan dan perawatan kesehatan saat usia lanjut

Ini adalah keuntungan utama yang bisa didapat saat memiliki asuransi kesehatan untuk lansia. Jaminan layanan dan perawatan kesehatan untuk lansia pasti akan berbeda karena kebutuhannya pun berbeda. Lansia akan membutuhkan fasilitas kesehatan yang lebih kompleks dibandingkan dengan kesehatan umumnya.

2. Jaminan untuk beberapa penyakit kronis

Dengan memiliki asuransi kesehatan untuk lansia, maka akan memberikan jaminan dan layanan kesehatan untuk beberapa penyakit kronis. Hal inilah yang harus dipertimbangkan saat membeli asuransi kesehatan untuk lansia. Besaran nilai klaim yang bisa diterima juga tergantung ketentuan perjanjiannya seperti besaran premi yang dibayarkan. Untuk itu, sebaiknya membeli produk asuransi lansia yang nilai klaimnya relatif besar.

3. Asuransi sekaligus investasi jangka panjang

Keuntungan asuransi kesehatan untuk lansia yang bisa dinikmati adalah bisa menjadi investasi jangka panjang. Produk asuransi kesehatan yang diberikan pada lansia biasanya terintegrasi dengan tambahan investasi melalui unit link. Masing-masing dari unit link ini tentu saja ditentukan pihak asuransi. Jadi, selain mendapatkan klaim layanan kesehatan, pemegang polis juga bisa berinvestasi dalam waktu yang cukup lama.

Pertimbangan Membeli Asuransi Kesehatan Lansia

Sebelum membeli asuransi kesehatan untuk lansia, ada beberapa pertimbangan yang harus dipahami dan diketahui calon pemegang polis. Pertimbangan ini berkaitan dengan seluruh persyaratan dan ketentuan tambahan yang mungkin akan berpengaruh pada pilihan produk hingga besaran biaya premi. Berikut ini beberapa tips bagi para lansia yang ingin mengajukan diri membeli asuransi:

1. Batasan usia

Setiap perusahaan asuransi memiliki batasan usia yang berbeda-beda. Secara umum, perusahaan asuransi akan memberikan batasan usia antara 50-70 tahun. Oleh karena itu, selalu pastikan sampai batas usia berapa produk asuransi yang Anda pilih. Biasanya persyaratan usia ini juga akan disertakan dengan ketentuan lain yang harus disepakati oleh calon pemegang polis. Apalagi biaya yang harus dikeluarkan untuk besaran premi memang akan lebih besar bagi orang yang semakin tua.

Baca juga: Memahami Jenis Penggantian Klaim Asuransi Kesehatan


2. Sesuaikan asuransi dengan kondisi kesehatan

Sebelum mengajukan asuransi kesehatan lansia, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kondisi kesehatan secara menyeluruh. Pasalnya, perusahaan asuransi akan menerapkan pengecualian tambahan bagi calon pemegang polis yang memiliki penyakit kronis tertentu. Maka dari itu, alangkah baiknya sebelum membeli asuransi kesehatan lansia melakukan medical check up untuk mengetahui kondisi kesehatan yang menyeluruh.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Asuransi Kesehatan

3. Pilih produk yang mendukung penyakit kronis

Usia senja pasti ada saja penyakit yang menghinggapi, terlebih jika penyakit kronis seperti gagal ginjal, kanker, stroke, jantung koroner, atau diabetes. Inilah yang harus dipertimbangkan saat akan membeli asuransi kesehatan untuk lansia. Dengan kondisi kesehatan seperti itu, beberapa perusahaan akan memberikan pengecualian tambahan terhadap jaminan kesehatan terhadap jenis penyakit tersebut.

Maka dari itu, banyak-banyaklah mencari informasi dan bertanya saat akan membeli asuransi kesehatan untuk lansia. Pasalnya, seluruh keuntungan asuransi kesehatan untuk lansia bisa dinikmati sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang telah diatur. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 30, 2019, 2:45 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.