6 Tips Mudah Menabung Dana Pensiun

6 Tips Mudah Menabung Dana Pensiun

Meskipun menabung untuk pensiun tidak berada di prioritas teratas, tetapi menabung untuk masa tua tetap harus dilakukan. Seperti dikutip dari businessinsider.us (19/11/2018), Wakil Presiden Senior Perencanaan Keuangan dari Financial Engine Andy Smith mengatakan, langkah pertama untuk menabung pensiun adalah dengan mulai menabung. Maka dari itu mulailah membangun kebiasaan menabung sejak muda.

Memang, saat usia muda, menabung menjadi hal yang cukup sulit dilakukan. Hal itu dikarenakan keinginan gaya hidup lebih mendominasi kebutuhan. Maka tidak heran dengan perilaku seperti itu, banyak orang di usia pensiun tidak memiliki apa-apa.

Baca juga: Idealnya, Siapkan Dana Pensiun Sejak Anda Mulai Bekerja

Apa yang harus dilakukan? Berikut ini enam langkah untuk mewujudkan masa pensiun yang cerah dan independen.

1. Mulai Saja, Jangan Ada Alasan Lain

Langkah paling penting dalam menabung untuk pensiun adalah sesegera mungkin untuk memulainya. "Banyak orang yang ingin pensiun sebagai jutawan, tetapi tidak tahu bagaimana menuju ke sana, dan yang lain tidak pernah memulai menabung karena mereka menganggap mereka harus memiliki rencana yang sempurna sejak awal," kata Smith.

2. Tetapkan Tujuan Berkala, Bukan Angka Pensiun

Hal terpenting dalam menabung untuk pensiun adalah menetapkan sasaran bukan pada nilai akhir tabungan. Langkah pertama untuk memilih tanggal pensiun yang tepat adalah menentukan tujuan tabungan berdasarkan gaya hidup pensiun yang Anda inginkan dan jumlah tahun yang Anda harapkan untuk hidup dalam masa pensiun.

Anda dapat menggunakan kalkulator online atau berbicara dengan penasihat investasi untuk mendapatkan bantuan berdasarkan tingkat pengeluaran Anda saat ini dan perkiraan pengeluaran selama tahun-tahun pensiun Anda. Pastikan juga untuk mempertimbangkan perubahan gaya hidup dari pensiun. Misalnya, biaya transportasi Anda mungkin berkurang, karena Anda tidak lagi bepergian ke tempat kerja, tetapi biaya utilitas mungkin naik karena Anda menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Baca juga: 6 Persiapan Menuju Masa Pensiun Yang Bahagia


3. Simpan Uang Selama Anda Bisa

Kuncinya adalah menabunglah dengan uang sebanyak yang Anda bisa dan selama Anda bisa. Jangan memaksakan untuk memperoleh tabungan yang besar di masa pensiun nanti, tetapi harus mengorbankan kehidupan penting Anda saat ini. Buatlah perencanaan keuangan masa pensiun sesuai dengan kemampuan finansial Anda saat ini.

4. Kendalikan Pengeluaran Sehari-hari

Kemungkinannya adalah Anda dapat memotong pengeluran yang bersifat komersil seperti membeli banyak jenis barang mewah dan keinginan yang bertentangan dengan kebutuhan. Jika Anda membuat perubahan kecil dalam kebiasaan pengeluaran Anda sekarang, Anda akan memiliki lebih banyak uang untuk diinvestasikan yang pada akhirnya akan membuat perbedaan besar di masa pensiun Anda.

5. Secepatnya Melunasi Utang

Agar masa pensiun Anda tenang, maka segera lunasi utang dan cicilan yang mungkin akan mengganggu keuangan pensiun. Mulailah berpikir dua kali untuk melakukan utang menggunakan kartu kredit, apalagi jika hanya untuk memenuhi keinginan gaya hidup. “Namun, sebaliknya untuk pinjaman pendidikan, saya menyarankan orang untuk menabung secara agresif untuk masa pensiun daripada berlomba untuk melunasi hutang pinjaman siswa ketika mereka lulus,” tambah Smith.

6. Jangan Meremehkan Biaya Perawatan Kesehatan di Masa Pensiun

Perawatan kesehatan adalah salah satu pengeluaran terbesar bagi banyak pensiunan. Sayangnya, banyak orang sangat meremehkan instrumen kesehatan tersebut. Cukup banyak orang tidak memiliki kemampuan untuk menutupi biaya perawatan kesehatan yang tidak terjangkau selama masa pensiun. Smith menyarankan, jika Anda tidak tahu bagaimana biaya perawatan kesehatan dapat memengaruhi pensiun Anda atau apakah Anda cukup menabung untuk kebutuhan masa depan Anda, bicarakan dengan seorang profesional keuangan.

Baca juga: Tips Menghindari Masalah Keuangan di Masa Tua Sejak Usia 30-an

Oleh karena itu, masa pensiun harus disiapkan sedari muda. Bukan hanya kesiapan mental saat menghadapi masa pensiun kelak, menabung untuk pensiun akan membuat masa tua Anda merdeka secara finansial tanpa harus menyusahkan anak dan cucu. 

ads
Blogger Pemula

Blog Tutorial, SEO, Widget dan Pengetahuan

www.blogodot.com

Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 24, 2019, 3:35 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.