4 Langkah Menangani Kesalahan Pengelolaan Keuangan

4 Langkah Menangani Kesalahan Pengelolaan Keuangan

Banyak orang sadar bahwa dirinya melakukan kesalahan dalam pengelolaan keuangan. Lupa membayar tagihan, membelanjakan uang untuk memuaskan keinginan bukan kebutuhan, dan mengabaikan masalah-masalah keuangan bulanan. Perilaku yang sering diremehkan itu jika terus dilakukan tentu akan merusak pola keuangan Anda.

Perencana Keuangan Eric Roberge seperti dikutip dari businessinsider.sg (20/12/2018) mengakui, setiap orang bisa melakukan kesalahan dalam pengelolaan keuangan. Bahkan, seorang profesional keuangan, pakar keuangan, atau financial planner juga dapat membuat kesalahan keuangan. Agar tidak terus menerus mengulang kesalahan yang sama, hal pertama yang perlu dilakukan adalah Anda harus sadar bahwa kesalahan tersebut bukan “kata akhir” dan harus segera diperbaiki.

Baca juga: 5 Pemahaman Dasar Tentang Manajemen Keuangan Pribadi

Setelah Anda menyadari bahwa hal itu bisa terjadi pada semua orang, ada beberapa langkah yang harus Anda ambil untuk menangani masalah uang agar lebih baik.

1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Jangan menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang telah diperbuat. Tidak perlu merasa malu mengakui kesalahan pengelolaan keuangan yang sudah dilakukan. “Tidak ada gunanya menyalahkan diri sendiri. Semakin lama Anda menunggu untuk mengatasi kesalahan atau meminta bantuan dalam memperbaiki kesalahan, semakin buruk situasi Anda,” kata Erick, Pendiri Beyond Your Hammock. Dia pun menekankan, tidak menyalahkan diri sendiri itu bukan berarti melupakan kesalahan tersebut, tetapi harus segera bergerak untuk memperbaikinya. 

2. Bertanggung Jawab

Ini seringkali merupakan bagian tersulit yang berurusan dengan kesalahan keuangan, yaitu mengakui keuangan Anda kacau. Dalam hal ini, mengambil tanggung jawab berarti mengatakan, “Saya membuat kesalahan. Saya tidak punya dana darurat. Tetapi sekarang saya akan mengambil tindakan untuk membangunnya."

Dengan mengambil tanggung jawab tersebut akan membuat Anda lebih berdaya. Anda akan memiliki kekuatan dan hak untuk memilih. Dengan begitu, Anda bisa memosisikan diri, tidak hanya untuk menghindari kesalahan di masa depan, tetapi juga bisa mencapai kesuksesan finansial dengan membuat pilihan keuangan yang lebih baik.

3. Berkomitmen Membuat Pilihan yang Lebih Baik

Jika Anda melakukan kesalahan, mengakuinya, dan mengambil tanggung jawab untuk diri Anda sendiri, langkah selanjutnya adalah berkomitmen untuk belajar dari apa yang terjadi dan mencegah diri Anda melakukan kesalahan yang sama lagi. Tidak ada kata terlambat untuk kembali ke jalurnya, atau mulai membuat kemajuan menuju kesuksesan finansial yang Anda inginkan. Sekali lagi, tidak ada gunanya merenungkan masa lalu. Satu-satunya hal yang penting adalah komitmen Anda untuk mengambil langkah yang benar, saat ini.

Baca juga: 3 Pilihan Penting Merencanakan Keuangan Pribadi


4. Ubah Komitmen Anda Menjadi Tindakan

James Clear dalam buku berjudul Atomic Habits yang dilansir businessinsider.sg menjelaskan, banyak orang berpikir bahwa mereka kurang motivasi. Sebenarnya kekurangan dari mereka adalah kejelasan. Tidak selalu jelas kapan dan di mana harus mengambil tindakan. Ini adalah tantangan utama yang Anda hadapi sekarang, saat Anda bersiap untuk beralih dari kesalahan uang Anda dan membuat pilihan keuangan yang lebih baik di masa depan.

Anda mungkin sangat termotivasi untuk berhasil, tetapi tanpa kejelasan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya, atau apa yang harus difokuskan, Anda dapat terus membuat kesalahan terlepas dari niat terbaik Anda.

Baca juga: Begini Cara Mengatur Keuangan untuk Wanita Single

Menurut James Clear, Anda memerlukan langkah-langkah konkret jika ingin mulai melakukan yang lebih baik dengan uang Anda, dan terus membangun kebiasaan baik di masa depan. Langkah-langkah tersebut sebagai berikut:

1. Mengecek arus uang yang masuk dan uang keluar dari akun Anda setiap bulan.

2. Membuat skala prioritas kebutuhan dan tujuan finansial Anda.

3. Membuat sistem untuk tetap teratur mengatur arus uang saat Anda masih bekerja untuk menuju apa yang diinginkan.

4. Memiliki kemampuan untuk melihat titik-titik kesalahan dan menyaring informasi dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

5. Melakukan konsultasi dengan konsultan keuangan untuk memastikan pengelolaan keuangan yang Anda lakukan dengan benar.

Hal terpenting menurut Eric Roberge adalah Anda harus segera mengambil langkah untuk memperbaiki kesalahan pengelolaan keuangan. Tidak perlu malu untuk mengakuinya. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan keuangan, tetapi hanya sedikit orang yang melalui proses belajar dan memperbaikinya. Jadilah salah satu dari sedikit itu, dan Anda juga akan menjadi salah satu dari sedikit yang menikmati kesuksesan finansial sejati. 


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 24, 2019, 1:20 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.