Jangan Samakan Menabung dan Investasi, Kenali Perbedaannya

Jangan Samakan Menabung dan Investasi, Kenali Perbedaannya

Penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan antara menabung dan investasi. Bila tidak tahu perbedaannya, bagaimana Anda tahu apakah sudah memilih yang tepat? Menabung mungkin menjadi kebiasaan yang sudah dilakukan sejak kecil. Saat itu kita menabung melalui celengan dan kini kita sudah mengenal menabung di bank. Alasannya karena aman dan terdapat bunga bank yang saat ini mungkin berkisar antara 3-4 persen.

 

Bunga bank dianggap sebagai salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan. Hanya dengan menyimpan uang Anda di bank, maka uang Anda akan bertambah dari bunga bank ini. Tetapi, apakah Anda tahu bahwa bunga bank tidak akan meningkatkan pemasukan Anda? Selain itu, menabung di bank tidak termasuk dalam investasi.

 

Anda pasti sudah akrab dengan kata inflasi. Inflasi dapat diartikan sebagai naiknya harga pada perekonomian suatu negara. Cara menabung atau investasi juga dipengaruhi oleh inflasi. Namun, dampak inflasi lebih kuat terjadi pada cara menabung. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, rata-rata inflasi di Indonesia adalah 8-9 persen. Data ini adalah data inflasi pada tahun 2005-2010. Angka tersebut sudah berkurang. Pada akhir tahun 2017, seperti dikutip dari Merdeka.com, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan di 6 tahun terakhir inflasi Indonesia ada di 5,2 persen. Bila mengandalkan bunga tabungan, nilai dana yang disimpan akan tergilas inflasi yang lebih tinggi.

 

Untuk kebutuhan jangka panjang, Anda membutuhkan investasi yang sesungguhnya. Ada banyak jenis produk investasi yang bisa Anda gunakan, misalnya properti, emas, reksa dana, dan saham. Berikut penjelasan tentang kedua istilah tersebut seperti dilansir dari Okezone.com.

 

Definisi Menabung dan Investasi

Menabung merupakan kegiatan menyimpan uang yang disisihkan dari penghasilan harian atau bulanan. Pada umumnya tabungan disimpan di tempat yang aman seperti bank. Selanjutnya, uang di tabungan bisa ditarik sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkannya.

 

Sementara, investasi adalah pembelian aset moneter yang memiliki nilai, di mana nilai sejumlah dana yang Anda investasikan bisa berpotensi meningkat dan sebaliknya, menurun. Investasi ini juga memiliki keuntungan yang sangat besar dalam jangka waktu lama, yaitu dapat menambah jumlah kekayaan yang dimiliki.



 

Perbedaan Menabung dan Investasi

 

1. Tujuan

Uang yang disimpan dalam bentuk tabungan, pada umumnya bisa digunakan saat diperlukan ketika keadaan mendesak. Maka menabung bisa dikategorikan simpanan jangka pendek. Hal tersebut sangat berbeda dengan investasi yang memiliki tujuan utama sebagai bentuk simpanan jangan panjang. Biasanya setiap investasi memiliki periode tertentu, misalnya saja jangka waktu 5 tahun, 10 tahun bahkan lebih. Dengan begitu, sebagai investor memiliki harapan yang lebih di masa yang akan datang.

 

2. Akses Penggunaannya

Pada umumnya menabung memiliki sifat yang lentur. Jadi, akses penggunaannya pun sangat mudah sehingga bisa leluasa menggunakannya. Sebaliknya dengan investasi yang memiliki sifat tidak lentur karena memiliki periode yang telah ditentukan. Maka, sulit digunakan. Namun, tergantung pada jenis investasi yang dipilih. Misalnya saja emas yang lebih mudah digunakan dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

 

3. Tingkatan Risiko

Mengingat jumlah dana yang disetorkan pada investasi lebih besar dibandingkan tabungan, selain itu imbal hasil dari investasi umumnya lebih tinggi ketimbang bunga bank. Oleh sebab itu, bisa diartikan kalau tingkatan risiko pada investasi jauh lebih tinggi daripada menabung yang memiliki risiko rendah. Risiko lainya, investasi jauh lebih tinggi karena rentan juga dengan investasi bodong dengan iming-iming imbal hasil yang fantastis dalam waktu singkat. Sangat penting, sebagai investor cerdaslah memilih jenis dan perusahaan investasi yang tepat.

 

4. Sumber Keuntungan

Jika menabung di celengan tentunya tidak akan mendapatkan keuntungan lebih, tapi kalau lakukan di bank maka terdapat keuntungan yang bisa didapatkan, yaitu berupa bunga. Sementara sumber keuntungan pada investasi yang bisa didapat yaitu imbal hasil.

 

Anda dari kecil sudah dikenali tentang keuangan, sudah seharusnya ketika beranjak dewasa pengetahuan finansial tersebut diperluas. Kebanyakan orang hanya tau soal, cara mendapatkan uang, dan menghabiskan uang. Padahal, masih banyak yang perlu dipelajari soal keuangan sehingga Anda bisa meminimalisir kesalahan pada pengelolaan keuangan.

ads
Blogger Pemula

Blog Tutorial, SEO, Widget dan Pengetahuan

www.blogodot.com

Rooslain Wiharyanti
rooslain
Jan. 23, 2019, 6:14 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.