Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Surat Paklaring Kerja

Jangan Anggap Remeh, Ini Manfaat Surat Paklaring Kerja

Pada saat masa bekerja telah berakhir, maka seseorang akan mendapatkan surat paklaring dari tempatnya bekerja selama ini. Paklaring merupakan sebuah surat keterangan yang isinya berupa pernyataan bahwa seseorang pernah bekerja pada sebuah lembaga dengan posisi atau jabatan dan jangka waktu tertentu.

Laman duniakaryawan.com (21/1/2019) menjelaskan, surat ini diberikan sebagai bukti bahwa seseorang pernah bekerja dengan posisi atau jabatan dalam jangka waktu kerja tertentu. Surat keterangan ini sangat penting manfaatnya. Bukan hanya sebagai surat rekomendasi pengalaman bekerja untuk melamar pekerjaan baru, tetapi juga berguna untuk berbagai keperluan lain.

Baca juga: Ubah Gaya Hidup Agar Sukses dan Kaya Raya di Usia Muda

Lantas, apa saja kegunaan surat paklaring ini? Simak penjalasannya berikut ini:

1. Pencairan Dana Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan

Untuk mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan, salah satu syarat yang harus dilampirkan adalah surat paklaring. Tentu saja yang harus dilampirkan untuk mencairkan dana tersebut adalah surat paklaring yang asli dan difotokopi. Tanpa adanya surat itu, maka jangan berharap dana JHT BPJS Ketenagakerjaan akan bisa dicairkan.

2. Melamar Pekerjaan Baru

Paklaring menjadi bukti otentik bahwa seseorang pernah bekerja di sebuah perusahaan. Surat ini juga menjadi syarat administrasi yang akan dibutuhkan apabila seseorang akan melamar pekerjaan baru. Surat paklaring ini juga menjadi bukti bahwa seseorang memiliki modal pengalamanan dan keterampilan kerja di tempat kerja lamanya. Paklaring juga akan menjadi nilai tambah yang positif dalam rekrutmen karyawan di perusahaan yang sedang membutuhkan pegawai baru. 


3. Pinjaman Bank

Laman moneysmart.id (20/1/2019) menerangkan, surat paklaring juga bermanfaat saat seseorang akan mengajukan pinjaman kredit melalui bank. Biasanya pinjaman seperti kredit tanpa agunan (KTA), kredit kendaraan bermotor (KKB), dan kredit kepemilikan rumah (KPR) mensyaratkan status karyawan. Untuk membuktikan bahwa seseorang memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap, maka surat keterangan bekerja atau paklaring sangat dibutuhkan, selain dokumen pendukung lainnya seperti slip gaji.

4. Pengajuan Kartu Kredit

Mirip dengan pinjaman bank, hampir semua bank juga akan meminta surat keterangan bekerja, selain slip gaji, apabila seseorang ingin mengajukan kartu kredit. Surat paklaring ini juga dijadikan bukti bahwa pemohon memiliki pendapatan tetap dan sanggup untuk membayar tagihan kartu kredit. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/2/PBI/2012 tentang Alat Pembayaran dengan Kartu, di mana salah satu poinnya menyebutkan pemegang kartu kredit harus memiliki berpendapatan minimal Rp3.000.000 setiap bulan.

Baca juga: Ketahui Cara Bank Menentukan Limit Kartu Kredit

5. Pengajuan Beasiswa Profesional

Bagi seorang karyawan yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 bisa mengambil jalur beasiswa profesional yang cukup banyak ditawarkan oleh pemerintah atau pihak swasta. Bahkan cukup banyak pula tawaran beasiswa dari pemerintah negara asing. Namun, ada banyak syarat berupa dokumen yang harus dilengkapi. Salah satunya adalah surat keterangan kerja yang sudah dilegalisir. Selain surat keterangan kerja, biasanya pelamar harus memiliki surat rekomendasi dari atasan langsung pelamar.

Maka dari itu, jika suatu saat ingin berhenti bekerja, berhentilah secara baik-baik. Setelah mendapat surat paklaring, bacalah secara teliti isi surat tersebut. Jangan lupa pula untuk memfotokopi dan melegalisir surat paklaring agar di kemudian hari tidak mengalami kesulitan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian apa itu paklaring, beserta beberapa manfaat dan kegunaannya. Semoga informasi ini menambah wawasan teman-teman tentang arti pentingnya sebuah paklaring di dalam dunia kerja.

ads
Blogger Pemula

Blog Tutorial, SEO, Widget dan Pengetahuan

www.blogodot.com

Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 23, 2019, 1:44 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.