Aplikasi Pcare untuk Layanan BPJS Kesehatan yang Lebih Mudah

Aplikasi Pcare untuk Layanan BPJS Kesehatan yang Lebih Mudah

Sejak program Jaminan Kesehatan Nasional berupa BPJS Kesehatan diluncurkan, upaya perbaikan dan penyempurnaan pelayanan terus dilakukan. Salah satunya adalah layanan berbasis aplikasi bernama Pcare (primary care) BPJS Kesehatan yang sudah hadir pada tahun 2014.

Pcare BPJS kesehatan ini merupakan website dan aplikasi yang dihadirkan untuk memberi keharmonisan antara peserta dengan fasilitas kesehatan dari BPJS. Aplikasi ini juga ditujukan bagi para peserta agar lebih mudah mendapat pelayanan kesehatan terutama pada fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama.

Baca juga: Ingin Pindah Faskes 1 BJPS Kesehatan Via Online? Ikuti Langkah Ini

Kegunaan

Dalam laman resmi bpjs-kesehatan.go.id (17/1/2019) dijelaskan aplikasi Pcare BPJS ini memiliki manfaat baik untuk peserta maupun pegawai Puskesmas. Manfaat itu antara lain dapat dipakai untuk mendaftar pasien BPJS tingkat pertama yang baru berobat, melihat data kunjungan pasien ke fasilitas kesehatan terkait, mendapatkan database riwayat penyakit pasien dan obat-obatan. Selain itu, Pcare BPJS Kesehatan juga bermanfaat untuk menunjukkan data penunjang diagnosis pasien dan rujukan ke fasilitas kesehatan lain.

Dengan mengunakan sistem aplikasi Pcare BPJS Kesehatan ini memproses data secara digital menjadi lebih efektif. Contohnya, mengenai proses antrean administratif di fasilitas kesehatan yang biasanya memakan waktu lama dapat dipangkas sehingga menjadi jauh lebih efektif.

Keuntungan

Ada banyak keuntungan dengan menggunakan aplikasi Pcare BPJS Kesehatan ini. Bukan hanya peserta BPJS Kesehatan yang menikmatinya, fasilitas kesehatan seperti puskesmas yang menjadi fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama juga memperoleh keuntungan dengan mengoperasionalkan aplikasi ini. Apa saja keuntungan tersebut? Simak ulasannya sebagai berikut:

1. Proses pendaftaran pasien menjadi cepat dan akurat

Melalui aplikasi Pcare BPJS Kesehatan ini, petugas hanya memasukkan nomor kepesertaan, maka data peserta seperti nama, tanggal lahir, dan alamat pasien secara otomatis akan tertera di layar monitor.

Baca juga: Masih Bingung, Apa Beda BPJS Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat?


2. Memangkas antrean administratif BPJS dengan pendaftaran online

Dengan menggunakan aplikasi ini, secara otomatis membuat pendaftaran dilakukan secara online dengan cara memasukkan nomer kepesertaan. Sehingga semua data akan diberikan secara lebih praktis.

3. Rujukan ke fasilitas kesehatan lain lebih mudah

Dengan data yang terintegrasi antara fasilitas kesehatan satu dengan yang lainnya, maka apabila fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama yang didatangi pasien tidak mampu menangani penyakit pasien atau kondisi lain, maka petugas akan meneruskan rujukan ke fasilitas kesehatan lain yang juga bekerja sama secara online di Pcare BPJS Kesehatan.

4. Diagnosa penyakit dengan cepat

Aplikasi ini juga bisa melihat data riwayat penyakit dan obat peserta selama menggunakan BPJS Kesehatan. Dengan adanya data riwayat kesehatan tersebut, maka diagnosa selanjutnya dilakukan dengan lebih cepat sehingga penanganan akan lebih efektif.

Baca juga: Sudah Punya BPJS Kesehatan, Masih Perlukah Asuransi Kesehatan?

5. Jangkauan luas tanpa batas

Semua fasilitas kesehatan yang menggunakan aplikasi Pcare BPJS Kesehatan akan memiliki data kepesertaan yang sama dan terintegrasi dimanapun sehingga memudahkan bagi semua pihak.

Jadi, bagi Anda peserta BPJS Kesehatan, carilah informasi mengenai klinik, puskesmas, atau dokter praktek yang menggunakan fasilitas aplikasi Pcare BPJS Kesehatan terdekat di kota Anda. Rasakan perbedaan proses pelayanan pendaftaran pasien yang selama ini dirasakan antriannya cukup panjang dan menyita waktu Anda.

Selain itu, sebagai antisipasi jika suatu saat setelah Anda didiagnosa dan klinik tersebut tidak mampu menangani penyakit yang diderita pasien, Anda akan lebih mudah dirujuk ke rumah sakit yang fasilitasnya lebih lengkap yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.



Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 21, 2019, 10:35 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.