Investasi Reksa Dana, Pilihan Tepat untuk Kalangan Muda

Investasi Reksa Dana, Pilihan Tepat untuk Kalangan Muda

Investasi bisa menjadi salah satu cara yang Anda bisa lakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Bukan hanya itu, pundi-pundi kekakayaan bisa terus bertambah seiring keuntungan yang diperoleh dari investasi tersebut. Memang banyak orang, terutama kalangan muda, termotivasi untuk ikut berinvestasi karena keuntungan yang ditawarkan sangat menggiurkan.

Personal Finance Advisor Ayyi Achmad Hidayah seperti dikutip dari moneysmart.id (15/1/2019) menilai, hal penting yang harus dimiliki kalangan muda untuk mau berinvestasi adalah mengubah pola pikirnya. Hilangkan mindset bahwa investasi hanya untuk orang-orang yang berduit. Padahal, saat ini, banyak instrumen investasi yang bisa dibeli dengan harga yang relatif terjangkau mulai dari ratusan ribu rupiah.

Ayyi juga menyarankan, investasi sebaiknya dilakukan sejak muda. Pasalnya, untuk merasakan manfaat investasi dibutuhkan tenggat waktu yang panjang. Maka, semakin lama Anda berinvestasi, semakin besar pula keuntungan yang bisa didapatkan. Dengan berinvestasi sejak muda, ketika tua nanti, Anda bisa menikmati hasil dari investasi tersebut tanpa harus tergantung pada anak atau cucu Anda.

Baca juga: Apa Saja Kesalahan Investasi bagi Pemula?

Bagi kalangan muda yang ingin memulai investasi, tentu memiliki banyak pertanyaan seputar langkah apa yang harus dilakukan untuk memulainya. Sangat wajar sebagai pemula punya rasa takut akan kegagalan saat berinvestasi pertama kalinya. Namun, ketakutan itu bisa dihilangkan dengan menyimak beberapa penjelasan berikut ini.


Ada banyak instrumen investasi yang bisa diambil untuk memulainya. Namun, sebagai pemula, instrumen investasi reksa dana bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pemula. Ada beberapa alasan mengapa reksadana menjadi pilihan tepat, yaitu:

1. Risiko Rendah

Reksa dana merupakan jenis investasi yang memiliki risiko paling rendah dibanding instrumen investasi lainnya. Meski begitu, Anda sebagai investor tetap harus mengetahui profil risiko dari instrumen investasi reksa dana ini. Ada banyak pilihan produk dari reksa dana yang risikonya pun berbeda-beda.

2. Return Besar

Selain memiliki risiko yang rendah, return atau keuntungan yang diberikan dari investasi reksa dana juga terbilang lebih besar dibandingkan dengan produk deposito. Keuntungan yang ingin didapat juga harus didasarkan pada tujuan dan jangka waktu yang ingin dicapai.

Baca juga: Mengenal Jenis Reksa Dana dan Karakteristiknya

3. Minimun Investasi Kecil

Besarnya minat orang untuk melakukan investasi reksa dana karena banyak perusahaan manajer investasi menawarkan minimum investasi yang sangat terjangkau. Dengan dana sebesar Rp100.000, Anda sudah bisa memulai berinvestasi reksa dana. Meski bisa dijangkau dengan harga yang relatif terjangkau, Ayyi menyarankan untuk memulai investasi, Anda bisa menyisihkan 10 persen dari penghasilan setiap bulan untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

4. Banyak Varian Produknya

Reksa dana menawarkan banyak varian produk yang bisa disesuaikan dengan profil risiko calon investor. Ada empat reksa dana yang sangat populer sesuai dengan jangka waktu investasinya yaitu reksa dana pasar uang untuk investasi jangka pendek di bawah satu tahun, reksa dana pendapatan tetap untuk masa investasi 1-3 tahun. Reksa dana campuran bisa digunakan sekitar 3-5 tahun, atau menggunakan reksa dana saham masa lebih dari 5 tahun.

5. Dikelola Manajer Investasi

Dana yang Anda investasikan ke dalam bentuk reksa dana akan dikelola oleh manajer investasi, sehingga Anda tidak perlu repot untuk melihat pegerakan harga saham setiap saat seperti investasi saham langsung.

Baca juga: Kenali Risiko dan Keuntungannya Sebelum Investasi Reksa Dana

Kesadaran untuk memulai investasi saat usia muda akan sangat membantu dalam mengembangkan uang di masa depan. Jadi, tidak perlu khawatir dan kata terlambat untuk mencoba investasi reksa dana. Asalkan konsisten, tujuan keuangan kita pun pasti dapat tercapai.



Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 18, 2019, 10:13 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.