4 Alasan Tidak Menunda Rencana Membeli Rumah

4 Alasan Tidak Menunda Rencana Membeli Rumah

Memiliki rumah sendiri merupakan harapan hampir semua orang. Pasalnya, rumah adalah salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan. Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga bisa menjadi aset investasi. Dikatakan demikian karena harga rumah setiap tahunnya terus naik.

Melihat itu, banyak pengamat properti menyarankan untuk jangan menunda untuk membeli rumah. Biasanya, Anda menunda rencana investasi rumah dengan alasan waktunya belum tepat. Padahal semakin lama Anda menunda, bisa jadi impian memiliki rumah akan buyar selamanya.

Jika tidak dimulai dari usia muda, maka ke depannya harga rumah akan semakin tidak terjangkau. Untuk pendanaan pembelian hunian seperti rumah tapak atau apartemen, pihak bank telah memberikan skema pembiayaan seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA).

Baca juga: Pilih Rumah Baru atau Rumah Bekas?

Bagi Anda yang masih ragu untuk mengambil rumah saat ini, simak ulasan empat alasan kenapa Anda harus memiliki rumah segera.

1. Harga Naik Terus

Tidak ada harga rumah atau tanah yang turun. Bahkan nilainya setiap tahunnya terus meningkat. Kondisi ini yang menjadi alasan utama jangan menunda untuk membeli rumah. Semakin lama Anda menunda untuk membeli rumah, maka semakin sulit menjangkau harga rumah dan semakin besar juga dana yang harus disiapkan. Menunda pembelian rumah tidak akan membantu meningkatkan kemampuan membeli, karena walaupun penghasilan meningkat tetapi harga rumah juga meningkat juga.

2. Usia Terus Bertambah

Semakin lama menunda rencana membeli rumah, semakin sedikit waktu yang Anda miliki untuk mengumpulkan dana. Selain itu, jika memutuskan mengajukan KPR atau KPA, semakin kecil kemungkinan pinjaman kalian diterima karena batas usia pelunasan kredit biasanya adalah 55 tahun.


3. Amankan Investasi Masa Depan

Harga rumah yang terus melambung menjadikan rumah sebagai salah satu bentuk investasi yang sangat menjanjikan. Selain untuk investasi pribadi, rumah juga menjadi investasi bagi keluarga Anda nantinya.

Baca juga: Pasangan Baru, Beli Rumah atau Mengontrak?

4. Lahan Perumahan Semakin Sedikit

Kebutuhan akan rumah tinggal terus meningkat. Sementara ketersediaan lahan semakin sedikit. Dampaknya adalah harga jual properti akan melambung tinggi. Kalau Anda terus menunda, bukan tidak mungkin akan semakin sulit menemukan lahan perumahan dengan lokasi strategis dan harga terjangkau. Anda harus tahu bahwa perumahan dengan harga terjangkau dan lokasi strategis kian sulit, misalnya di Kota Jakarta. Biasanya di kota besar sudah menawarkan harga yang teramat fantastis.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli rumah, Anda perlu memiliki strategi agar bisa menemukan rumah impian yang diinginkan. Untuk itu, carilah informasi mengenai rumah sebanyak mungkin. Jangan hanya terbatas pada rumah baru, tetapi perlu juga melihat rumah bekas, rumah yang gagal kredit, atau yang mengalami cicilan macet.

Baca juga: Gaji Sebatas UMR Bisa Beli Rumah, Bagaimana Caranya?

Lakukan pengecekan secara langsung bila penasaran dengan hunian ingin dibeli. Anda wajib mengetahui lokasi tersebut strategis atau tidak. Jangan sekadar melihat iklan untuk menentukan lokasi strategis atau tidak. Setelah menemukan rumah yang diinginkan, pastikan status legalitasnya mulai dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Sertifikat Hak Milik (SHM), dan lain-lain.

Itulah empat alasan yang menjadi alasan tidak menunda untuk membeli rumah. Menunda membeli rumah hanya semakin akan memperberat dana yang perlu Anda kumpulkan. Usia produktif saat ini menjadi waktu yang tepat untuk menabung dana membeli rumah. Rumah yang dibeli juga dapat menjadi sumber pendapatan “berkelanjutan” dengan cara disewakan untuk dijadikan sebagai indekos, penginapan, atau bahkan kantor suatu perusahaan.



Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 18, 2019, 11:03 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.