Ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa menaikkan limit kartu kredit.

Bagaimana Menaikkan Limit Kartu Kredit? Simak 5 Tips ini

Setiap kartu kredit pasti memiliki limit dalam penggunaannya setiap bulan. Limit tersebut ditetapkan perbankan sesuai dengan penilaian dan pertimbangan terhadap nasabah yang mengajukan kartu kredit. Namun, limit dalam kartu kredit tersebut bukan berarti “harga mati”. Jika limit kartu kredit Anda dirasakan masih kurang, Anda bisa mengajukan menaikkan limit kartu kredit, tetapi ada syarat yang harus dipenuhi.

Apa syaratnya? Sebelum mengajukan permohonan menaikkan limit kartu kredit, penting bagi Anda mengetahui ketentuan yang berlaku. Laman halomoney.co.id (10/1/2019) memberi ilustrasi, Anda memang diperbolehkan mengajukan kenaikkan limit kartu kredit seperti BCA berapa saja, tetapi harus disadari pihak bank biasanya hanya bisa menaikkan 2-3 kali lipat dari limit awalnya.

Kemudian, pengajuan penambahan limit kartu kredit sebaiknya dilakukan setelah satu tahun. Saat bank menerima pengajuan tersebut, maka bank akan melihat track record penggunaan kartu kredit Anda, mulai dari penggunaan hingga pembayaran cicilan tagihan setiap bulannya. Jika rekam jejak kartu kredit Anda baik, maka pihak bank akan meloloskan kenaikan limit kartu kredit Anda.

Baca juga: Ketahui Cara Bank Menentukan Limit Kartu Kredit

Selain itu, saat pengajuan penambahan limit kartu kredit, Anda harus melengkapi dengan dokumen yang diminta pihak bank. Persyaratan tersebut antara lain nomor kartu kredit lama, fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk), fotokopi slip gaji terbaru, fotokopi buku tabungan (rekening koran) selama tiga bulan terakhir, dan fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Bagi Anda yang ingin menaikkan limit kartu kredit, simak tips ini agar pengajuan memperbesar limit kartu Anda sukses.

1. Aktif Bertransaksi

Meskipun Anda telah lama menggunakan kartu kredit, bukan berarti ada menjamin permohonan Anda untuk kenaikan limit kartu kredit bisa langsung disetujui. Pasalnya, Anda harus aktif dalam melakukan transaksi. Semakin aktif Anda bertransaksi, maka semakin besar pula peluang Anda untuk bisa menaikkan limit kartu kredit.


2. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Seperti dijelaskan di atas, pihak bank akan melihat rekam jejak penggunaan kartu kredit Anda, termasuk ketepatan waktu pembayaran cicilan kartu kredit di setiap bulannya. Maka dari itu, bayarlah tagihan kartu kredit tepat waktu, bila perlu sebelum jatuh tempo.

3. Hindari Pembayaran Tagihan Minimum

Selain membayar tagihan tepat waktu, pihak bank juga akan menganalisis riwayat jumlah pembayaran tagihan kartu kredit Anda. Jika Anda berencana untuk menaikkan limit kartu kredit, hindari pembayaran tagihan dengan jumlah minimum. Terlalu sering membayaran minimum tagihan kartu kredit akan membuat jumlah cicilan Anda akan semakin besar karena ada bunganya. Jika, itu yang terjadi, maka pihak bank kemungkinan besar akan menolak permohonan kekenaikkan limit kartu kredir Anda.

Baca juga: Jangan Panik Jika Kartu Kredit Hilang, Ini Cara Buat yang Baru

4. Hitung Utang Lainnya

Selain menanggung utang kartu kredit, cicilan utang apa saja yang harus Anda bayar setiap bulan? Bisa saja Anda masih memiliki tagihan lain seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Jika Anda masih memiliki tagihan utang lainnya, pihak bank akan mempertimbangkan permohonan Anda menaikkan limit kartu kredit.

5. Ajukan Saat Penghasilan Naik

Saat yang paling tepat untuk mengajukan kenaikkan limit kartu kredit adalah saat penghasilan Anda bertambah. Dengan meningkatnya penghasilan, secara otomatis bank akan melihat bahwa Anda memiliki kemampuan melunasi tagihan semakin besar. Jadi, tunda untuk mengajukan kenaikkan limit kartu kredit, apabila pendapatan Anda belum bertambah.

Itulah lima cara dan langkah jitu menaikkan limit kartu kredit. Jika pengajuan tambahan limit kartu kredit Anda sudah disetujui, tetaplah menggunakannya secara bijak. Besarnya limit kartu kredit yang Anda terima bisa dimanfaatkan untuk menambah modal atau meningkatkan usaha.


ads
Blogger Pemula

Blog Tutorial, SEO, Widget dan Pengetahuan

www.blogodot.com

Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 14, 2019, 11:03 a.m.

Comments

Please log in to leave a comment.