Setiap kartu kredit memiliki limit transkasi yang berbeda sesuai penilaian dari pihak bank.

Ketahui Cara Bank Menentukan Limit Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit memang banyak memberikan kemudahan bagi pemiliknya. Namun, bagi yang baru memiliki kartu kredit, ada hal yang harus dipahami, yaitu limit kartu kredit. Limit kartu kredit adalah batas maksimal nominal penggunaan kartu kredit yang dapat dipakai dalam melakukan transaksi setiap bulannya.

Nominal limit kartu berbeda-beda, tergantung pada jenis kartu atau kebijakan bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut. Berdasarkan laman resmi Bank Indonesia, limit kartu kredit sudah diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/2/PBI/2012 tentang Alat Pembayaran dengan Kartu. Salah satu poin dalam surat edaran itu menyebutkan pemegang kartu kredit harus memiliki pendapatan minimal Rp3.000.000 setiap bulan.

Baca juga: 7 Cara Cerdas Mengubah Kartu Kredit Menjadi “Teman”

Selain batasan minimal penghasilan, surat edaran itu juga menjelaskan ada pertimbangan personal dan penilaian bank untuk menentukan limit sebuah kartu kredit. Berikut penjelasannya:

Pertimbangan Personal

1. Status kerja Anda sebagai karyawan tetap atau kontrak atau mungkin Anda sebagai wirausahawan.

2. Berapa besar gaji Anda dalam sebulan maka dari itu bank pasti meminta slip gaji Anda, sehingga bank juga mengecek cara kelola pendapatan tersebut.

3. Lokasi atau tempat tinggal Anda juga sebagai bahan pertimbangan, jika Anda sering berpindah-pindah tempat tinggal maka pihak bank akan semakin berat memberikan limit besar pada Anda.

Penilaian Bank

1. Penilaian bank: apakah Anda memiliki kartu kredit lain? Dengan limit berapa? Berapa utang Anda sangat menentukan limit Anda.

2. Penilaian bank: semakin tinggi utang Anda secara otomatis nilai limit akan semakin kecil.

3. Jika Anda memiliki histori dalam pembayaran utang dengan lancar seperti dapat membayar penuh dan tepat waktu maka pihak bank dengan mudah akan memberikan limit yang tinggi terhadap kartu kredit Anda.


Selain pertimbangan dan penilaian di atas, ada hal lain yang menjadi pertimbangan besar kecilnya limit kartu kredit. Apa saja indikator itu, berikut uraian yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Rekam jejak keuangan

Rekam jejak atau riwayat keuangan Anda akan menentukan besaran limit kartu kredit yang diajukan. Pihak bank akan menilai apakah Anda pernah memiliki masalah keuangan seperti kelancaran pembayaran utang. Jika tidak ada riwayat masalah keuangan, maka besar kemungkinan limit kartu kredit Anda jumlahnya akan besar. Begitu pula sebaliknya, jika Anda memiliki masalah keuangan yang buruk, maka limit kartu kredit yang diberikan jumlahnya kecil.

2. Status kepemilikan rumah

Nasabah yang memiliki status kepemilikan rumah sendiri akan lebih mudah memperoleh kartu kredit, termasuk pengajuan limit kartu kredit. Namun, ini bukan berarti yang belum memiliki rumah sendiri tidak bisa mengajukan kartu kredit. Perbedaannya hanya ada limit kartu kredit yang diberikan.

Baca juga: Jangan Lakukan Hal ini Saat Punya Kartu Kredit

3. Saldo rekening tabungan

Saat mengajukan kepemilikan kartu kredit, Anda akan diminta melampirkan fotokopi rekening tabungan selama tiga bulan terakhir. Syarat itu diminta dengan tujuan untuk melihat gambaran arus kas tabungan Anda. Jumlah saldo yang Anda miliki juga akan menjadi dasar penentuan limit kartu kredit yang Anda terima.

4. Lama domisili

Seseorang yang menetap lama atau tinggal sementara di suatu wilayah akan menjadi bahan pertimbangan bank untuk memberi limit kartu kredit. Jika nasabah punya riwayat domisili di suatu tempat dalam jangka lama kemungkinan bisa mendapatkan limit kartu kredit yang relatif besar. Berbeda dengan nasabah yang sering pindah-pindah domisili mungkin limit kartu kreditnya sedikit lebih kecil.

Itulah pertimbangan-pertimbangan yang menentukan pihak bank penerbit kartu kredit dalam memberikan besaran limit bagi nasabahnya. Namun, hal yang paling penting untuk diingat adalah gunakan limit kartu kredit Anda secara bijak. 

ads
Blogger Pemula

Blog Tutorial, SEO, Widget dan Pengetahuan

www.blogodot.com

Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 9, 2019, 5:17 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.