Musibah selalu memberi hikmah untuk melindungi diri dan harta benda yang dimiliki.

Mengambil Hikmah Tsunami Banten, Ini Hal yang Harus Disiapkan

Bencana tsunami yang melanda kawasan pesisir Provinsi Banten dan Lampung di penghujung tahun 2018 membawa duka mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia. Betapa tidak, bukan hanya rumah, mobil, dan harta benda lainnya yang hilang, berdasarkan data yang dihimpun duitologi.com tanggal 28 Desember 2018, sedikitnya 426 orang meninggal dunia.

Musibah dan kemalangan seperti meninggal dunia memang tidak bisa ditolak karena itu adalah kewenangan Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun, bagi anggota keluarga yang selamat pasti akan sangat berat ditinggalkan. Terlebih setelah harta benda yang dimiliki sudah hilang, bahkan hancur.

Bisa dibayangkan untuk mengembalikan kehidupan seperti semula. Membangun kembali rumah yang sudah hancur pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jangankan untuk kembali membangun rumah, berpikir mengenai kelanjutan hidup keluarga saja sudah terbayang sangat berat.

Baca juga: Mengenal Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan Asuransi Jiwa

Selalu ada hikmah dari sebuah musibah. Oleh karena itu, bagi yang hidup, ada baiknya musibah tersebut menjadi pembelajaran untuk mempersiapkan diri dengan memberi perlindungan, baik jiwa maupun harta benda. Lalu, apa saja yang perlu disiapkan? Simak ulasannya sebagai berikut:

Asuransi Jiwa

Setiap manusia pasti akan mengalami kematian. Namun, kematian secara tiba-tiba akan berdampak pada orang-orang yang ditinggalkan. Apalagi jika yang meninggal itu adalah kepala keluarga yang bertanggung jawab memberi nafkah keluarga. Jika tidak ada dana yang cukup di rekening, tentu keluarga yang ditinggalkan akan kesulitan menjalani kehidupan ke depannya.


Dalam kondisi seperti itulah, asuransi jiwa menjadi sangat penting. Memiliki asuransi jiwa akan sangat berguna bagi anggota keluarga yang ditinggalkan. Pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan atas kepala keluarga yang meninggal. Dengan dana pertanggungan itu, anggota keluarga bisa melanjutkan kehidupan.

Asuransi Rumah

Anda bisa melihat dari pemberitaan tsunami Banten, banyak sekali rumah-rumah hancur akibat diterjang air laut setinggi 2 meter. Bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk kembali membangun rumah yang hancur. Anda tidak akan bisa menggantungkan pada dana bantuan untuk membangun rumah yang porak poranda. Namun, jika Anda mengasuransikan rumah, kerusakan rumah akibat musibah atau bencana bisa dilindungi oleh pihak asuransi.

Baca juga: Jangan Cuma Beli Rumah, Asuransikan Juga Properti Anda

Salah satu asuransi yang bisa meng-cover segala kerugian yang terjadi pada rumahmu adalah asuransi property all risk (PAR). Sesuai namanya, asuransi ini menjamin seluruh risiko yang mungkin terjadi pada rumah dan harta benda. Buat Anda yang punya usaha atau industri, baiknya membeli asuransi industry all risk (IAR).

Dana Darurat

Kehilangan harta benda setelah mengalami musibah akan menambah berat dan kepanikan. Terlebih lagi jika Anda adalah kepala keluarga yang harus menanggung semua kebutuhan keluarga. Tentu bisa dibayangkan betapa berat dan pusing memikirkan hal tersebut. Namun, akan berbeda bila Anda sedari jauh hari sudah memiliki dana darurat. Anda dan keluarga bisa menggantungkan kehidupan keluarga sementar dengan menggunakan dana darurat tersebut.

Dana darurat bukan hanya dapat digunakan apabila Anda atau keluarga mengalami masalah atau musibah. Dana ini juga bisa dipakai saat Anda kehilangan pekerjaan akibat satu dan lain hal. Dana ini berguna untuk menghidupi Anda dan keluarga hingga mendapat pekerjaan kembali.


ads
Blogger Pemula

Blog Tutorial, SEO, Widget dan Pengetahuan

www.blogodot.com

Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Jan. 2, 2019, 2:47 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.