Tidak sulit untuk mengganti kartu ATM lama dengan kartu debit chip.

Cara Mudah Mengganti Kartu ATM Berbasis Chip

Sesuai aturan dari Bank Indonesia, semua kartu ATM yang masih menggunakan magnetic stripe harus diganti dengan kartu berbasis chip. Pemberlakukan kartu ATM berbasis chip ini bukan hanya pada jenis kartu debit lama, tetapi juga bagi nasabah yang membuka rekening dan mengajukan kartu debit baru.

Coba cek kartu ATM Anda, apakah sudah terdapat chip di kartu? Jika belum, segeralah mengganti kartu ATM lama Anda dengan kartu baru berbasis chip. Pasalnya, chip yang tertanam di dalam kartu ATM sangat bermanfaat untuk keamanan transaksi Anda.

Langkah Mengganti Kartu ATM

Jika Anda masih bingung bagaimana cara mengganti kartu debit lama dengan kartu debit ATM berbasis chip, berikut ini tahapan yang harus Anda lakukan:

1. Datang ke kantor cabang bank yang menerbitkan kartu ATM Anda. Bawa serta buku rekening tabungan, kartu ATM lama, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan kartu NPWP.

Baca juga: Mengapa Harus Segera Ganti Kartu ATM Berbasis Chip?

2. Ambil nomor antrian untuk customer service. Saat di meja customer service, katakan Anda ingin mengganti kartu ATM chip. Anda akan diminta menyerahkan dokumen yang diminta seperti buku rekening tabungan, kartu ATM lama, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan kartu NPWP untuk memvalidasi ulang data Anda.


3. Sebelum permohonan penggantian kartu ATM chip, mungkin customer service akan menawarkan jenis kartu yang bisa digunakan hanya di dalam negeri atau bisa dipakai di luar negeri. Perbedaannya, kartu ATM chip yang bisa untuk transaksi di luar negeri akan ada logo VISA atau Mastercard. Sementara kartu ATM chip berlogo Flazz hanya bisa digunakan di dalam negeri.

4. Anda akan diminta kembali untuk mengisi data diri secara lengkap. Tidak butuh waktu lama, kartu ATM chip akan diaktivasi oleh customer service. Kartu Anda akan diaktivasi dengan cara digesek di mesin EDC. Anda juga akan diminta untuk menekan PIN 6 digit dan mengulangi sebagai verifikasi PIN Anda.

Baca juga: Kartu Debit ini Mudahkan Traveling dan Belanja Online Milienial

5. Setelah proses verifikasi data selesai, kartu ATM chip Anda sudah bisa langsung digunakan bertransaksi. Anda akan diingatkan untuk datang kembali ke bank dan mengganti kartu ATM chip setelah lima tahun masa kadaluarsanya.

6. Kartu ATM lama Anda akan langsung digunting oleh customer service sebagai bukti kartu lama sudah tidak bisa digunakan atau dihancurkan.