Pahami perbedaan UMi dan KUR sebelum mengajukan pinjaman usaha.

Apa Bedanya Pinjaman Dana Tunai UMi dan KUR

Bagi Anda yang ingin memiliki usaha tetapi tidak punya modal, ada dua pinjaman dana tunai yang bisa Anda manfaatkan. Dua pinjaman itu adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Ultra Mikro (UMi). Sesuai namanya, kedua pembiayaan ini hanya untuk usaha mikro, dan kecil. Apa yang membedakan antara Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Ultra Mikro (UMi) ini? Berikut penjelasannya:

Definisi

Berdasarkan laman resmi kemenkeu.go.id, Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah layanan kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh pemerintah melalui perbankan kepada UMKMK atau koperasi yang feasible tetapi belum bankable. Sasarannya adalah individu, perseorangan, badan usaha, dan kelompok usaha yang produktif dan layak, namun belum memiliki agunan tambahan.

Baca juga : Ini Syarat Pinjaman Dana Tunai UMi untuk Usaha Ultra Mikro

Sementara pembiayaan Ultra Mikro (UMi) adalah program tahap lanjutan dari program bantuan sosial untuk kemandirian usaha. Pembiayaan ini menyasar usaha mikro di lapisan terbawah dan belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Lembaga Penyalur

Pada Kredit Usaha Rakyat (KUR), lembaga penyalur adalah perbankan seperti Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri, Bank Bukopin, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri (BSM). Sedangkan pembiayaan Ultra Mikro (UMi) adalah Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) seperti PT Pegadaian (Persero), PT Bahana Artha Ventura, serta PT Permodalan Nasional Madani (Persero).


Plafon Pembiayaan

Plafon pembiayaan pada Kredit Usaha Rakyat (KUR) sampai dengan Rp25.000.000 untuk usaha mikro. Untuk usaha jenis ritel plafonnya mulai dari Rp25.000.000 sampai Rp500.000.000. Sementara pada pembiayaan Ultra Mikro (UMi), plafonnya maksimal Rp10.000.000.

Penerima Pinjaman

Kredit Usaha Rakyat (KUR) diberikan pada usaha mikro dan kecil, sedangkan pembiayaan Ultra Mikro (UMi) diberikan pada pelaku usaha ultra mikro.

Syarat Penerima Pinjaman

Ada beberapa berkas atau dokumen-dokumen untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat ini. Dokumen-dokumen KUR ini antara lain identitas (KTP, kartu keluarga, keterangan domisili), legalitas usaha (akte pendirian usaha), ijin usaha (SIUP, TDP), laporan keuangan, proposal usaha, dan persyaratan tambahan lain yang mungkin diminta oleh bank.

Jangka waktu pengembalian modal (tenor)

Tenor pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah jangka panjang atau bisa lebih dari 1 tahun. Sementara pembiayaan Ultra Mikro (UMI) hanya jangka pendek karena hanya 48 minggu saja.

Baca juga: Untung Rugi Membuka Usaha dari Modal Pinjaman