Segera mengurus bila kartu kredit hilang untuk mencegah penyalahgunaan kartu.

Jangan Panik Jika Kartu Kredit Hilang, Ini Cara Buat yang Baru

Kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh bank. Berbeda dengan kartu debit yang transaksinya diambil dari uang tabungan, kartu kredit adalah bentuk pinjaman uang dari bank yang harus dibayar cicilann serta bunganya setiap bulan.

Namun, bagaimana jika kartu kredit yang Anda miliki hilang? Jika terjadi musibah kartu kredit hilang, jangan pernah menunda untuk melaporkan ke pihak bank. Pasalnya, banyak kasus yang terjadi, kartu kredit yang hilang disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebab itu, segeralah mengurus kembali kartu kredit Anda yang hilang tersebut. Caranya bisa dengan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Meminta bank memblokir kartu kredit

Segeralah melaporkan kejadian kartu kredit yang hilang kepada pihak bank. Mintalah pemblokiran sementara atas kartu kredit Anda yang hilang tersebut. Umumnya, pihak bank akan meminta identitas Anda, nomor kartu kredit, masa berlaku, nominal transaksi terakhir, dan lainnya.

Baca juga: Ini Rumus Menggunakan Kartu Kredit yang Tepat

2. Buat laporan ke kepolisian

Setelah membuat laporan ke pihak bank dan meminta pemblokiran sementara kartu kredit Anda, langkah selanjutnya adalah membuat laporan kehilangan ke pihak kepolisian. Laporan ini penting dilakukan karena pihak bank akan meminta bukti surat kehilangan dari kepolisian ketika Anda akan mengajukan kembali pembuatan kartu kredit baru.