Liburan akhir tahun bisa menarik meskipun dengan anggaran terbatas.

Isi Liburan Akhir Tahun dengan Cara Hemat

Penghujung tahun selalu dinantikan banyak orang untuk melakukan liburan akhir tahun. Masalahnya, harga akomodasi wisata jelang liburan akhir tahun biasanya naik berkali-kali lipat. Bagi yang sudah memiliki dana khusus liburan akhir tahun, kenaikan harga tersebut tentu sudah bisa diprediksi. Namun, tidak dengan orang-orang yang ingin liburan tetapi kondisi keuangannya terbatas. Liburan akhir tahun yang hemat pun pasti sangat dicari.

Pertanyaannya, apa ada pilihan liburan akhir tahun yang murah dan tidak menguras kantong? Jawabannya pasti ada, namun dengan beberapa catatan. Terkait hal ini, travel.tempo.co menjabarkan cara untuk bisa liburan dengan biaya rendah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Jadi Turis Lokal

Jangan selalu berpikir liburan akhir tahun harus diisi dengan berwisata jauh dari kota asal Anda. Perhatikan sekeliling di kota Anda, apakah ada tempat atau lokasi menarik yang belum Anda kunjungi. Jika sudah pernah mengunjungi objek wisata di kota Anda, cari informasi objek wisata terdekat dari kota Anda.

Destinasi Satu Provinsi 

Jika merasa tidak ada lagi yang menarik di kota asal, coba ditelisik lagi kota-kota yang berada di provinsi yang sama. Barangkali ada 1-2 kota yang bisa disinggahi dalam sebuah perjalanan. Misalkan, Anda tinggal di Jakarta dan berkali-kali liburan akhir tahun di Kota Bandung. Maka, objek wisata terdekat seperti Kota Bogor bisa menjadi alternatif.

Baca juga: 7 Tips Mudah Memilih Asuransi Perjalanan