Membuat resolusi keuangan bisa menjadi pedomen pengelolaan keuangan menjadi lebih baik.

5 Langkah Membuat Resolusi Keuangan Tahun 2019

Tidak terasa tahun 2018 akan berganti. Tentu banyak kenangan yang bisa dijadikan pelajaran di sepanjang tahun 2018, termasuk dalam hal pengelolaan keuangan. Mungkin di tahun 2018, ada beberapa target pengelolaan keuangan yang belum atau tidak tercapai. Sangat mungkin penyebabnya adalah Anda belum ketat dalam pengelolaan keuangan. Jika itu yang terjadi, maka daftar target 2018 yang belum tercapai bisa masuk ke dalam rencana resolusi keuangan tahun 2019.

Prita Hapsari Ghozie dari ZAP Finance yang dikutip dari permatabank.com menerangkan, ada sedikit perbedaan antara tujuan keuangan dan resolusi keuangan. Resolusi keuangan adalah gambaran besar atas perbaikan dan perubahan positif yang ingin Anda lakukan di tahun 2019.

Baca juga: Langkah Pintar Menganalisa Rencana Keuangan dalam Setahun

Lantas, bagaimana untuk bisa menyusun resolusi keuangan di tahun 2019 yang lebih baik dari tahun 2018? Setidaknya ada 5 area yang bisa menjadi fokus dalam membuat resolusi keuangan. Simak ulasannya sebagai berikut:

1. Mampu membedakan kebutuhan dan keinginan

Banyak orang menyusun resolusi keuangan, namun tidak ketat dalam penerapannya. Dalam kehidupan keluarga, sumber utama masalah keuangan adalah dorongan untuk memenuhi keinginan di luar batas kemampuan finansial. Solusinya, yaitu kenali dan pisahkan antara kebutuhan yang benar-benar penting dan keinginan. Bisa saja dengan mengurangi keinginan, ada banyak dana yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan penting lainnya seperti tabungan, investasi, atau asuransi.