Ada perbedaan mendasar  dari SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking.

Ini Perbedaan SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking

Era digital mendorong perbankan pengembangkan banyak layanan berbasis teknologi digital. Beberapa di antaranya adalah layanan mobile banking, sms banking, dan internet banking. Hampir semua bank sudah melengkapi produknya dengan ketiga layanan tersebut. Para nasabahnya pun terus didorong untuk menggunakan satu atau lebih layanan tersebut.

Akan tetapi, masih banyak pula nasabah yang menganggap ketiga layanan tersebut adalah sama. Meskipun sama-sama bisa diakses melalui smartphone, namun dalam prinsipnya, mobile banking, sms banking, dan internet banking berbeda dari cara kerjanya. Lantas, apa perbedaan mendasar dari mobile banking, sms banking, dan internet banking ini? Berikut ulasannya:

SMS Banking

SMS banking adalah layanan perbankan yang saat ini sudah kurang populer digunakan masyarakat perbankan. Dengan SMS banking, nasabah bisa melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan handphone. Untuk bisa melakukan transaksi SMS banking ini, nomor telepon nasabah harus diregistrasikan terlebih dahulu. Registrasi bisa dilakukan di ATM atau datang langsung ke kantor cabang bank terkait.

Baca juga: Apa Saja Keuntungan dan Kekurangan Aplikasi Mobile Banking?

Sesuai namanya, transaksi SMS banking menggunakan metode SMS. Laman banksentral.com menjelaskan, sebelum melakukan transaksi, Anda harus mengetik kode perintah yang dibutuhkan dan dikirimkan ke nomor tujuan yang sudah ditentukan bank. Jika format yang diketik salah, maka transaksi akan gagal.


Keuntungan dari SMS banking ini adalah transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan handphone apa saja. Tidak perlu ponsel dengan spesifikasi tinggi. Terpenting adalah nomor SIM card Anda sudah teregistrasi SMS banking, kode format perintah sesuai, dikirim ke nomor tujuan yang telah ditentukan, dan terakhir memasukkan PIN SMS banking dengan benar.

Namun, kekurangan dari layanan SMS banking ini, nomor nasabah harus punya pulsa agar SMS bisa terkirim. Perlu diketahui, di setiap transaksi, ada biaya per SMS banking lebih mahal daripada SMS biasa. Biaya tersebut tergantung operator yang digunakan.  

Mobile Banking

Mobile banking merupakan layanan yang memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi perbankan melalui ponsel atau smartphone. Layanan mobile banking dapat digunakan dengan menggunakan menu yang sudah tersedia melalui aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal oleh nasabah. Mobile banking menawarkan kemudahan jika dibandingkan dengan SMS banking karena nasabah tidak perlu mengingat format pesan SMS yang akan dikirimkan ke bank dan juga nomor tujuan SMS banking.

Baca juga: 6 Hal Penting yang Harus Diketahui Pengguna Mobile Banking

Fitur-fitur layanan mobile banking antara lain layanan informasi (saldo, mutasi rekening, suku bunga, dan lokasi cabang/ATM terdekat), dan layanan transaksi, seperti transfer, pembayaran tagihan (listrik, air, dan internet), pembelian pulsa, dan berbagai fitur lainnya.