Kenali apa saja keuntungan dan kekurangan aplikasi mobile banking.

Apa Saja Keuntungan dan Kekurangan Aplikasi Mobile Banking?

Perkembangan teknologi kini semakin memudahkan orang dalam melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk dalam bidang perbankan. Berbagai aktivitas perbankan itu dapat dengan mudah dilakukan dengan hanya menggunakan aplikasi di smartphone. Namun sayangnya, masih ada masyarakat yang belum menyadari pentingnya aplikasi perbankan seperti mobile banking.

Mobile banking merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui berbagai fitur yang ada pada ponsel pintar (smartphone) Anda. Aplikasi ini punya banyak fitur yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Layanan seperti pengecekan saldo tabungan, pembayaran listrik atau PAM, transfer uang hingga membayar tagihan kartu kredit.

Baca juga 6 Hal Penting yang Harus Diketahui Pengguna Mobile Banking

Namun, dalam menggunakan aplikasi mobile banking, bukan hanya dilihat dari sisi keuntungannya saja. Setiap produk tentu ada kekurangannya. Ibarat dua sisi mata uang, ada keuntungan dan ada pula kekurangannya. Apa saja itu? Simak ulasan sebagai berikut:

Kelebihan Mobile Banking

1. Tidak perlu ke bank

Datang ke bank pasti akan sangat membuang waktu. Apalagi jika kondisi bank sangat penuh nasabah. Dengan menggunakan mobile banking, Anda tidak perlu membuang waktu untuk datang ke bank. Cukup dengan membuka aplikasi mobile banking yang sudah di-download dari Google Play Store atau App Store. Di dalam aplikasi tersebut, Anda bisa memilih fitur apa yang ingin digunakan, apakah pengecekan saldo, pembayaran tagihan, atau transfer uang.

2. Membayar tagihan dengan mudah dan tepat waktu

Dengan mobile banking, Anda bisa membayar berbagai tagihan tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Anda bisa melakukan pembayaran tagihan kartu kredit, telepon. Tagihan air atau PAM, asuransi, internet, pinjaman, dan lainnya. Setiap pembayaran tagihan tersebut, Anda akan mendapatkan konfirmasi bukti pembayaran yang tersimpan dalam inbox.

3. Mengecek saldo tabungan

Aplikasi mobile banking memberikan akses pada Anda untuk mengetahui saldo tabungan setiap saat. Bahkan Anda bisa mengetahui apakah gaji Anda sudah masuk atau belum. Anda juga melihat arus uang keluar dan masuk secara detail melalui fitur mutasi rekening. Laman catatanmini.com menambahkan, Anda juga bisa mendaftarkan pemberitahuan teks jika ada aktivitas keuangan seperti transaksi menurun, biaya untuk bensin, transaksi asing, penarikan tunai, online, telepon atau surat pembelian, atau pembelian yang melebihi jumlah yang telah ditentukan.


4. Bebas biaya

Secara umum, aplikasi mobile banking memberikan beberapa layanan secara gratis kepada nasabahnya untuk mendorong mencoba layanan di dalamnya. Itu berarti akan membuat Anda dapat menghemat uang dan menghemat waktu dengan memanfaatkan spin test pada aplikasi mobile banking. Namun sebelumnya, pastikan terlebih dahulu apakah provide memberikan biaya tambahan ketika Anda melakukan transaksi mobile banking.

Kekurangan Mobile Banking

1. Rentan penipuan smishing

Menurut laman finansialku.com, penggunaan aplikasi mobile banking rentan akan penipuan yang disebut smishing, di mana pengguna menerima short message service (SMS) atau telepon palsu yang menanyakan detail rekening bank dari seorang hacker yang menyamar sebagai institusi keuangan.

Baca juga: Ini Perbedaan SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking

2. Jaringan internet yang kuat

Nasabah harus memiliki jaringan internet yang kuat untuk bisa mengakses mobile banking. Jika koneksi kurang baik, maka secara otomatis Anda akan kesulitan mengakses aplikasi ini.

3. Berisiko pencurian data

Fitur keamanan melalui koneksi yang terenkripsi bisa di-hack saat smartphone hilang atau dicuri sehingga berisiko terhadap pencurian data dan transaksi keuangan tanpa sepengetahuan Anda.

4. Dibutuhkan smartphone canggih untuk mengaksesnya.

Untuk bisa mengakses aplikasi mobile banking memang membutuhkan smartphone dengan spesifikasi tertentu. Biasanya ponsel dengan spesifikasi rendah atau lama tidak bisa memakai aplikasi mobile banking.


ads
Blogger Pemula

Blog Tutorial, SEO, Widget dan Pengetahuan

www.blogodot.com

Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 26, 2018, 2:19 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.