Kenali Perbedaan Asuransi Perjalanan Sebelum Bepergian

Kenali Perbedaan Asuransi Perjalanan Sebelum Bepergian

Asuransi perjalanan tidak masuk ke dalam jenis asuransi yang wajib dimiliki. Asuransi ini diutamakan untuk Anda yang memang suka melakukan perjalanan baik keluar kota sampai keluar negeri dan fungsinya yang hanya melindungi ketika dalam perjalanan saja.

 

Telah banyak negara yang mewajibkan kepada para turisnya untuk wajib memiliki asuransi perjalanan atau tidak diperbolehkan masuk apabila terbukti tidak terdaftar sebagai pengguna asuransi perjalanan. Contohnya negara-negara di Amerika, Eropa dan bahkan Asia yang sudah memberlakukan aturan wajib memiliki asuransi perjalanan ketika akan mengunjungi negaranya. Untuk itu, agar perjalanan aman, nyaman, lancar, dan terlindungi, sangat disarankan Anda memiliki atau terdaftar dalam asuransi perjalanan.

 

Asuransi perjalanan memiliki banyak jenis di mana masing-masing fungsinya berbeda-beda dan tentunya sudah banyak disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Asuransi perjalanan tidak bisa dibeli ketika sudah di luar negeri. Karenanya sebelum melakukan perjalanan, Anda harus terlebih dahulu terdaftar sebagai pengguna asuransi perjalanan. Berikut jenis-jenis asuransi perjalanan seperti dirangkum dari kompas.com dan msn.com.


Baca juga : 6 Alasan Mengapa Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak




1. Berdasarkan Berapa Banyak Melakukan Perjalanan


Ada dua jenis asuransi perjalanan jika dilihat dari berapa banyaknya perjalanan yang akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu, yaitu single trip insurance yang diperuntukkan untuk Anda yang hanya akan melakukan perjalanan beberapa kali dalam setahun (tidak rutin). Berikutnya ada annual travel insurance yang dikhususkan bagi Anda yang bisa melakukan perjalanan, bahkan sekali dalam seminggu baik untuk tujuan perjalanan dinas atau sekadar berlibur selama periode satu tahun.

 

2. Berdasarkan Jumlah Orang yang Akan Ditanggung


Untuk jenis asuransi perjalanan ini ditentukan berdasarkan berapa banyak orang yang akan ditanggung dalam satu akun asuransi. Individual travel insurance tentu hanya untuk satu orang saja dalam satu akun pribadi asuransi perjalanan. Lalu ada group travel insurance yang biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan untuk para karyawannya yang sering diberangkatkan untuk perjalanan dinas, dan bisa juga untuk sekaligus seluruh anggota keluarga ketika akan melakukan liburan bersama.

 

3. Berdasarkan Tujuan Melakukan Perjalanan


Dalam melakukan sebuah perjalanan tentu tujuan orang tidaklah selalu sama. Asuransi perjalanan wisata bagi yang melakukan perjalanan karena tujuan untuk traveling atau berwisata dan asuransi perjalanan bisnis yang dikhususkan untuk mereka yang melakukan perjalanan untuk tujuan bekerja atau bisnis. Ada pula student assist, asuransi perjalanan ini dikhususkan hanya untuk para mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya keluar negeri. Serta ada asuransi perjalanan khusus haji dan umrah yang sering ditawarkan kepada Anda ketika akan melakukan ibadah haji dan umrah. Asuransi perjalanan ini yang akan melindungi Anda selama melakukan ibadah di Tanah Suci.


Baca juga : Asuransi Satu Hal yang Sering Dilupakan Saat Liburan

 

4. Berdasarkan Tempat Tujuan Perjalanan


Untuk Anda yang sering melakukan perjalanan tapi hanya sampai keluar kota saja bisa memilih untuk memiliki asuransi perjalanan untuk perjalanan domestik. Sementara bagi yang kerap melakukan perjalanan bahkan sampai keluar negeri bisa memilih asuransi perjalanan internasional.