Jangan Cuma Beli Rumah Asuransikan Juga Properti Anda

Jangan Cuma Beli Rumah, Asuransikan Juga Properti Anda

Asuransi rumah bukan sekedar kewajiban untuk memenuhi syarat kredit atau sewa. Jangan hanya mengasuransikan rumah ketika masih terikat pembayaran cicilan kredit dengan bank. Setelah kredit lunas, biasanya Anda lupa bahwa asuransi rumah sebaiknya masih tetap terus dibayarkan. Risiko masih tetap mengancam properti kita itu bukan? Bagaimana jika rumah yang kita cicil bertahun-tahun setelah lunas malah terendam banjir atau terkena hangus terbakar?

 

Jangan merasa rugi membayar premi asurans rumah. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Kompas.com, premi asuransi rumah tidak semahal premi asuransi jiwa karena rumah adalah benda tidak bergerak. Perhitungan preminya pun bukan dalam persen, tetapi dalam per meter persegi sehingga premi tahunan lebih murah. Semua orang yang rumahnya dapat diakses mobil pemadam kebakaran dapat membeli proteksi properti ini.

 

Perhitungan Premi

Sebagai ilustrasi, untuk premi rumah seluas 100 meter persegi. Nilai pertanggungan untuk rumah sebesar Rp350.000.000. Nilai pertanggungan ini didapatkan dari berapa biaya pembangunan kembali rumah jika terkena musibah. Saat ini, diperlukan dana sebesar Rp3,5 juta untuk membangun rumah seluas satu meter persegi.

 

Sehingga untuk membangun kembali rumah seluas 100 meter persegi diperlukan dana sebesar Rp350 juta. Nah, inilah yang harus menjadi nilai pertanggungan. Jika nilai pertanggungan terlalu kecil, pemilik rumah harus mengeluarkan dana lebih banyak lagi untuk membangun kembali rumahnya. Sebaliknya, jika nilai pertanggungan terlalu besar, premi yang dibayar juga harus lebih mahal. Selain rumah, isi rumah juga dapat diasuransikan.

 

Misalkan saja nilai pertanggungan untuk isi rumah sebesar Rp100 juta. Sehingga total nilai pertanggungan sebesar Rp450 juta. Nilai pertanggungan ini dikalikan dengan rate premi yang dihitung dengan satuan per meter persegi. Didapatkan premi per tahun sebesar Rp675 ribu. Biaya premi ini belum termasuk biaya administrasi. Tentunya membayar premi sebesar Rp675 ribu per tahun tidak terlalu berat di kantong.




Manfaat Asuransi

Apa manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi dengan premi sebesar itu? Manfaat yang di dapat, meliputi : perlindungan dari kebakaran, sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat, asap dan tertabrak kendaraan. Selain itu, dilindungi pula dari kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat orang lain, dan huru hara.

 

Selain itu, Anda masih bisa mendapat perluasan jaminan risiko dari banjir, badai, angin topan, kerusakan karena air, lalu tanah longsor, dan tanah amblas. Bahkan bisa diberikan biaya akomodasi sementara jika rumah yang diasuransikan terkena musibah dan pemiliknya harus tinggal di tempat lain untuk sementara waktu.

 

Anda juga bisa melindungi diri sebagai pemilik rumah dari gugat publik. Kematian dan biaya pengobatan akibat kecelakaan yang terjadi pada Anda atau tertanggung, pasangan, anak-anak, dan tamu yang berada di lokasi tertanggung, juga bisa diganti oleh perusahaan asuransi.