Alasan Mengapa Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak

6 Alasan Mengapa Klaim Asuransi Perjalanan Ditolak

Banyak musibah yang bisa terjadi ketika Anda melakukan perjalanan, mulai dari kecelakaan, sakit, delay pesawat, kehilangan bagasi, kasus terorisme, bahkan kematian. Hal tersebut tentunya membuat perjalanan kalian terganggu dan tidak nyaman. Melengkapi diri dengan asuransi perjalanan akan membuat Anda lebih aman. Namun, rasa aman dan nyaman itu bisa kembali menggelayuti ketika pengajuan klaim asuransi perjalanan ditolak.

 

Klaim asuransi perjalanan adalah upaya nasabah untuk mendapatkan penggantian kerugian kepada perusahaan asuransi terhadap risiko-risiko yang disebutkan di atas. Mengapa klaim asuransi perjalanan bisa ditolak? Berikut beberapa alasan yang menyebabkan klaim asuransi perjalanan kalian ditolak seperti dirangkum dari teknobisnis.weebly.com dan marketing.co.id.



 

1. Tidak Segera Melaporkan Masalah

Ketika selama di perjalanan Anda mengalami masalah yang membuat kerugian atau ketidak nyamanan, sesegera mungkin menghubungi pihak asuransi perjalanan. Pihak asuransi tidak akan memproses masalah yang kalian alami jika Anda menunda pelaporan masalahnya hingga melewati batas waktu yang sudah ditentukan.

‚Äč

2. Masalah di Luar Proteksi

Sebelum melaporkan masalah, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu dengan saksama musibah atau permasalahan yang kalian alami. Serta cermati polis asuransi perjalanan kalian, apakah masalah tersebut masuk dalam proteksi atau tidak. Bila tidak termasuk, maka pihak asuransi perjalanan akan menolak klaim yang diajukan.

 

3. Data Perjalanan Tidak Sesuai

Data yang dimaksud adalah identitas pribadi Anda tidak sesuai dengan identitas yang terdaftar di perjalanan. Untuk hal ini sangat mungkin terjadi, karena bisa saja Anda mendapatkan perjalanan gratis dari teman dan menggunakan namanya. Tentu saja, dalam kondisi seperti ini kalian tidak akan mendapatkan proteksi dari perusahaan asuransi perjalanan yang didaftarkan.

 

4. Terlambat atau Lupa Membayar Polis

Baiknya setelah membeli tiket transportasi perjalanan, Anda dapat langsung membeli polis asuransi perjalanan. Bila Anda tidak langsung membelinya atau lupa membayar, bersiaplah menanggung segala risiko yang nantinya terjadi. Pembelian asuransi perjalanan yang terlambat juga akan berdampak pada penolakan pengajuan klaim nantinya.