Memiliki asuransi rumah tinggal menjadi sangat penting.

Mengenal Jenis Asuransi Rumah Tinggal

Melindungi harta benda yang dimiliki adalah kewajiban setiap orang. Rumah tinggal merupakan salah satu harta yang harus dijaga. Namun, bila musibah datang, siapa pun tidak bisa menolaknya. Maka dari itu, dibutuhkan persiapan sedini mungkin untuk melindungi harta benda yang Anda miliki. Apa yang bisa dilakukan untuk melindungi rumah Anda? Jawabannya adalah asuransi rumah.

Asuransi rumah adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap timbulnya kerugian akibat kebakaran, tindak pencurian, atau kerusakan yang ditimbulkan oleh bencana alam. Dengan memiliki asuransi rumah, segala risiko kerugian yang muncul akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.


Jenis Asuransi Rumah

Memiliki asuransi rumah dapat meringankan atau meminimalisir biaya kerugian dari beragam risiko bencana seperti gempa bumi, banjir, kebakaran hingga pencurian. Manfaat asuransi rumah yang diberikan itu bisa berbeda-beda tergantung perusahaan dan produk asuransi yang digunakan. 

Baca juga: Ini 8 Pilihan Asuransi Rumah Tinggal

Menurut laman Finansialku, secara umum ada dua jenis produk dan pada masing-masing jenis ada pilihan asuransi dengan jaminan pokok atau ditambah dengan jaminan perluasan. Masing-masing asuransi tersebut punya premi yang berbeda. Semakin besar uang pertanggungan yang diberikan, secara otomatis semakin mahal pula premi yang harus dibayarkan.

1.       Asuransi rumah kebakaran

Asuransi rumah kebakaran adalah asuransi rumah tinggal yang memberikan perlindungan atas risiko kebakaran. Beberapa risiko yang ditanggung oleh asuransi ini seperti kebakaran akibat ketidaksengajaan, menjalarnya api, hubungan arus pendek, kebakaran akibat tersambar petir, kebakaran karena ledakan, dan kebakaran karena asap.

2.       Asuransi rumah all risk

Jenis asuransi ini berbeda dengan asuransi rumah kebakaran. Asuransi rumah all risk memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap rumah Anda. Beberapa risiko yang ditanggung oleh pihak asuransi ini adalah risiko kriminalitas, termasuk pencurian, kerusakan akibat perbuatan jahat, pembongkaran dengan paksa atau kekerasan.

Asuransi ini juga memberi perlindungan terhadap jaminan kerusakan harta benda yang dilakukan oleh pihak ketiga atau anggota non-keluarga. Kerusakan akibat tertabrak kendaraan yang bukan milik pribadi dan kerusakan rumah akibat bencana alam juga termasuk dalam klausul perlindungan asuransi.

Dalam asuransi rumah all risk ini juga memberikan perlindungan tambahan antara lain biaya pemadam kebakaran apabila terjadi musibah kebakaran, biaya sewa rumah selama perbaikan, biaya pembersihan puing-puing, dan biaya profesional lainnya seperti biaya arsitek, surveyor, konsultan, dan manajemen bangunan.