Selain manfaat, orangtua juga harus paham risiko asuransi pendidikan anak.

Kenali 8 Risiko Asuransi Pendidikan Anak

Biaya pendidikan anak terbilang tidak murah. Setiap tahun biaya pendidikan terus naik dan menuntut para orangtua untuk siap menghadapinya. Banyak orangtua menyiapkan dana pendidikan anak dengan menabung atau investasi pendidikan. Meski memiliki banyak manfaat, baik tabungan atau asuransi pendidikan ternyata memiliki risiko.

Selain melihat keuntungan yang didapat dari asuransi pendidikan, para orangtua juga harus memahami risikonya. Risiko ini memang kerap kurang diperhatikan para pembeli produk asuransi. Untuk itu, sebelum membeli, ada baiknya para orangtua mengetahui risiko apa saja yang ada di asuransi pendidikan.

Berikut ini beberapa risiko asuransi pendidikan anak yang perlu diketahui oleh orangtua yang dirangkum dari berbagai sumber.:

1. Sistem jaminan dan pihak penjamin

Asuransi pendidikan jelas berbeda dengan tabungan pendidikan. Asuransi pendidikan dikeluarkan oleh pihak perusahaan asuransi. Dikutip dari ekonomi.kompas.com, umumnya asuransi pendidikan berbentuk asuransi unit link yang dikelola dalam bentuk investasi oleh pihak perusahaan asuransi. Sehingga cukup berisiko dan nilainya bisa saja tergerus. Berbeda dengan tabungan pendidikan yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).