Simpan kartu Kartu BPJS Kesehatan, jangan sampai hilang atau rusak.

Kartu BPJS Kesehatan Hilang? Jangan Panik, Ikuti Panduan ini

Kartu BPJS adalah kartu identitas peserta BPJS Kesehatan yang harus selalu disimpan dengan baik dan jangan sampai hilang. Kenapa? Karena jika kartu tersebut hilang, maka Anda akan mengalami kesulitan jika ingin melakukan cek kesehatan, perobatan, atau perawatan dengan menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

Menyimpan kartu BPJS dengan benar juga penting. Sebab meski sudah berusaha menyimpan kartu BPJS Kesehatan dengan baik, kadang Anda juga masih lalai untuk menjaga kartu BPJS. Berbagai penyebab seperti hilang atau terjatuh di jalan, lupa tempat menyimpan dan lain sebagainya bisa jadi penyebab hilangnya kartu. Lalu, apa yang harus dilakukan jika kartu BPJS Kesehatan Anda hilang?

Baca juga: Ini Sebab Klaim BPJS Ketenagakerjaan Sulit Dicairkan

Salah satu langkah yang bisa dilakukan ketika kartu BPJS Kesehatan hilang dengan segera melapor ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Bawalah kelengkapan syarat-syarat untuk mengurus kehilangan yang akan diminta oleh pihak BPJS untuk mencetak ulang kartu BPJS baru. Namun, sebelum itu, Anda perlu mengetahui syarat dan cara mengurus kartu BPJS kesehatan Anda yang hilang tersebut.


Syarat Mengganti Kartu BPJS

Untuk mendapatkan penggantian kartu BPJS yang hilang, Anda harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan dengan membawa persyaratan antara lain:

1. Fotokopi dan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Fotokopi dan asli Kartu Keluarga (KK).

3. Untuk kartu BPJS Kesehatan yang hilang harus membuat surat kehilangan dari pihak kepolisian.

4. Fotokopi kartu BPJS jika ada.

Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang

Setelah melengkapi beberapa persyaratan di atas, Anda bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan setempat dengan membawa persyaratan tersebut dan bisa langsung menuju ke bagian pengaduan. Pihak BPJS akan membuat cetakan baru untuk kartu BPJS Kesehatan dengan data-data yang sama dengan kartu lama Anda. Untuk membuat kartu BPJS yang baru tidak membutuhkan waktu lama.