Ini Waktu yang Tepat Membeli Asuransi Pendidikan

Ini Waktu yang Tepat Membeli Asuransi Pendidikan

Tingginya laju inflasi biaya pendidikan membuat banyak orangtua mau tidak mau harus berpikir keras untuk mencukupi kebutuhan biaya pendidikan anak. Sebagai orangtua masih menggunakan cara menabung, tetapi sebagiannya lagi sudah memanfaatkan asuransi untuk mengumpulkan pundi-pundi dana pendidikan sang buah hati.

Banyak orang awam bertanya, kapan waktu yang tepat untuk ikut asuransi pendidikan? Jawabannya memulai asuransi pendidikan membutuhkan waktu yang tepat. Laman finansialku menjelaskan waktu yang tepat untuk membeli asuransi pendidikan dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Menghitung Jumlah Biaya yang Dibutuhkan

Uang pertanggungan merupakan faktor utama dalam asuransi pendidikan. Untuk mengetahui jumlah biaya yang dibutuhkan, ada beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan, antara lain lokasi pendidikan (di dalam atau luar negeri), tingkat pendidikan (diploma, sarjana, atau master), pilihan universitas, dan jurusan.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka Anda mulai bisa dapat menghitung berapa biaya yang harus dipersiapkan. Hitung secara detail kapan dan berapa dana yang dibutuhkan. Misalnya, dana untuk masuk SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Anda juga harus mengecek kondisi keuangan Anda, dan mulai menerapkan kebiasaan keuangan yang baik.


Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan Keluarga

Hal penting lainnya adalah menyesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga dengan harga asuransi pendidikan yang akan dibeli. Seperti asuransi lainnya, asuransi pendidikan ada premi yang harus dibayar setiap bulannya. Laman liputan6 menyarankan hitung besaran premi yang akan diambil, sesuaikan dengan kemampuan bayar Anda. Pasalnya, pembayaran premi ini terbilang cukup panjang. Jangan sampai memaksakan membayar premi yang besar tetapi di kemudian hari akan mengalami kesulitan membayarnya. 

Baca juga: Begini Cara Sederhana Menghitung Biaya Pendidikan Anak

Pilih Produk Asuransi Pendidikan Terbaik

Jangan tergesa-gesa untuk membeli asuransi pendidikan. Jangan pula tergoda dengan iming-iming premi asuransi yang murah. Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk menghitung dan melihat kebutuhan dana pendidikan anak yang tepat. Carilah informasi sebanyak-banyaknya, kemudian bandingkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing asuransi pendidikan tersebut. Jika mengalami kesulitan, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan financial planner untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Apakah Anda Terlindungi?

Mungkin Anda akan bertanya, kenapa Anda harus dilindungi? Jawabannya adalah karena Anda adalah sumber utama pemasukan rumah tangga dan pembiayaan dana pendidikan. Dengan memberi perlindungan pada diri Anda, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, Anda akan memiliki perlindungan untuk memproteksi keuangan. Anda juga bisa memastikan buah hati Anda tetap akan mendapatkan perlindungan.

Bila Anda belum memiliki asuransi jiwa, dalam asuransi pendidikan juga terdapat paket asuransi untuk melindungi jiwa Anda. Dengan paket dalam asuransi pendidikan tersebut, Anda bisa menjalankan dua fungsi sekaligus, yakni menjamin dana pendidikan dan melindungi jiwa Anda.