Asuransi perjalanan sangat penting dimiliki bagi penghobi travelling.

Ini Pentingnya Asuransi Perjalanan Bagi Penghobi Travelling

Liburan memang sangat diidam-idamkan oleh semua orang. Lepas sejenak dari aktivitas harian untuk menikmati indahnya hidup. Meskipun banyak orang punya hobi berwisata, tetapi tidak semua orang mengenal dan paham tentang pentingnya asuransi perjalanan. Padahal, asuransi perjalanan sesungguhnya memiliki manfaat yang banyak dan beragam, bukan hanya sekadar perlindungan kecelakaan.

Sama seperti asuransi lainnya, asuransi perjalanan dibuat untuk memberi perlindungan, keamanan, dan kenyamanan saat sedang bepergian. Dengan begitu, pemilik asuransi ini tidak perlu merasa khawatir apabila terjadi hal-hal yang tidak terduga seperti hilangnya paspor, bagasi, atau barang berharga lainnya, saat sedang liburan. Segala masalah tersebut bisa di-cover oleh pihak asuransi yang Anda beli.

Dengan manfaat yang begitu besar, asuransi perjalanan menjadi pilihan terbaik untuk menjadikan liburan yang menyenangkan, nyaman, aman, tanpa ada rasa cemas. Jika Anda belum mengetahui apa manfaat dari asuransi kesehatan, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Kenali Perbedaan Asuransi Perjalanan Sebelum Bepergian

1.  Premi yang terjangkau

Anda bisa memperoleh manfaat asuransi perjalanan dengan hanya membayar premi yang terbilang terjangkau. Beberapa perusahaan asuransi bahkan menawarkan premi asuransi perjalanan mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Seperti dikutip dari Kompas, jika dihitung premi asuransi perjalanan tidak sampai 1 persen dari seluruh biaya perjalanan yang harus dikeluarkan. Melihat itu, sudah seharusnya Anda menyisihkan dana besar liburan untuk membeli asuransi perjalanan. Manfaat yang diterima dari asuransi perjalanan tidak akan sebanding dengan besaran premi asuransi yang dibayarkan.


2. Mendapat perlindungan besar

Dengan premi yang terjangkau tersebut, Anda bisa memperoleh perlindungan yang terbilang maksimal. Nilai pertanggungan yang bisa Anda terima jika terjadi risiko saat liburan mampu menanggung semua beban finansial yang bisa muncul saat liburan. Dalam laman Futuready, Rabu (28/11/2018), ACA Asuransi menawarkan Zurich Passport Travel Gold dengan premi asuransi perjalanan sebesar Rp262.000 dan limit klaim sebesar Rp1.400.000.000.

3. Perlindungan rumah yang ditinggalkan

Saat belibur bersama keluarga, secara otomatis rumah Anda akan ditinggalkan. Tentu ini akan membuat Anda was-was apabila terjadi hal-hal yang buruk seperti kebakaran. Mungkin Anda tidak menyangka bila asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan terhadap rumah yang Anda tinggalkan. Besaran nilai premi yang harus dibayarkan tentu berbeda pada masing-masing perusahaan asuransi.

4. Tanggungan pemulangan jenazah

Tentu ini sangat tidak diinginkan oleh siapapun. Namun, jika hal itu harus terjadi, maka asuransi perjalanan akan menanggung seluruh biaya pemulangan jenazah hingga sampai ke rumah duka.

Baca juga: Trik Sukses Klaim Asuransi Perjalanan

5.  Memproteksi kehilangan paspor dan dokumen lain

Meski sudah berhati-hati saat melakukan travelling, bisa saja terjadi musibah buruk seperti kehilangan atau kerampokan. Jika Anda sudah memiliki asuransi perjalanan, setidaknya akan sedikit bernapas lega karena semua pengurusan paspor atau dokumen penting lainnya akan ditanggung oleh pihak pemberi asuransi perjalanan.