Teliti sebelum membeli asuransi rumah tinggal.

Ini 8 Pilihan Asuransi Rumah Tinggal

Memiliki asuransi rumah yang tepat tentunya pemilik akan mendapatkan biaya kompensasi apabila terjadi berbagai macam resiko kerusakan. Kerusakan yang dimaksud mencakup bagian dalam rumah seperti furnitur dan berbagai jenis barang lainnya. Asuransi rumah juga dapat melindungi barang berharga yang ada di dalam rumah apabila terjadi pencurian.

Dapat Anda bayangkan bila rumah dan harta benda yang ada di dalamnya ludes terbakar. Pastinya panik dan bingung bagaimana membangun kembali rumah tersebut. Apalagi, jika keuangan Anda tidak mencukupi. Salah satu cara yang paling cepat adalah berutang untuk membangun kembali rumah Anda.

Namun akan berbeda ceritanya bila rumah Anda dilindungi oleh asuransi rumah tinggal. Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya untuk membangun kembali rumah Anda. Pasalnya, biaya untuk membangun rumah akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Memang tidak mudah untuk menentukan pilihan asuransi rumah mana yang tepat. Banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan produk dengan beragam manfaat akan menambah kepusingan Anda dalam memilih. Hal yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan Anda dengan program asuransi rumah sehingga lebih mudah untuk memilihnya.


Untuk mengatasi kebingunan Anda dalam memilih asuransi rumah, Duitologi merangkum beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi rumah. Berikut ulasan lengkapnya:

Baca juga: 7 Tips Memilih Asuransi Rumah Tinggal yang Tepat

1.  Asuransi Rumah Idaman (ASRI) – ACA Asuransi

ASRI adalah produk asuransi kebakaran plus dari PT Asuransi Central Asia (ACA) yang melindungi aset bangunan rumah tinggal dan harta benda yang ada di dalamnya dari risiko tanggungan. Dalam laman aca.co.id, Risiko tersebut antara lain kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan dan huru-hara, kebongkaran (pencurian dengan kekerasan), terorisme dan sabotase, bencana alam seperti angin topan, badai, banjir, kerusakan akibat air, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami, dan tanggung jawab hukum terhadap tuntutan pihak ketiga, dan lainnya.

Apa saja yang dapat diasuransikan? ASRI menjamin bangunan rumah tinggal dengan konstruksi kelas I (sebagian besar bangunan terbuat dari bahan tidak mudah terbakar) termasuk perabot rumah tangga dan perlengkapan rumah lainnya.

2.  AXA Mandiri Properti – AXA Mandiri

AXA Mandiri menyediakan produk asuransi perlindungan properti yang memberikan banyak manfaat proteksi lengkap mulai dari risiko kebakaran dan kerusakan lainnya dengan berbagai macam keunggulan untuk kenyamanan Anda. Laman axa-mandiri.co.id menerangkan Asuransi rumah AXA Mandiri Properti ini memiliki masa tanggungan selama 1 tahun dengan minimum premi Rp50.000 dan usia bangunan maksimal 40 tahun.

3.  Asuransi Rumahku Plus – Allianz

Pertanggungan pada Asuransi Rumahku Plus ini tidak hanya terbatas pada terbatas pada kebakaran, pencurian atau banjir tetapi juga meliputi gempa bumi, letusan gunung berapi, badai, angin topan, atau tanah longsor. Namun juga menanggung juga beban lain yang menyertai saat musibah terjadi, seperti biaya akomodasi sementara yang seringkali menambah berat kesulitan yang sedang dihadapi. Hal-hal lain seperti pecah atau meluapnya tanki, perangkat, atau pipa air rumah tangga, dan hal-hal tidak terduga lain yang dapat menimbulkan beban biaya bagi Anda.

Di laman allianz.co.id, Anda dapat memilih jenis Asuransi Rumahku Plus ini yaitu Rumahku Plus-HouseOwner (untuk bangunan), Polis Rumahku Plus-HouseHolder (untuk isi rumah), dan Anda dapat mengambil kedua jenis asuransi rumah ini. Rumahku Plus menjamin rumah tinggal tidak lebih dari tiga lantai dengan konstruksi bangunan kelas I (konstruksi beton atau baja, tidak termasuk bangunan dengan konstruksi kayu). Rumah tinggal yang dimaksud adalah rumah tinggal yang terdapat di daerah perumahan atau pemukiman, tidak termasuk ruko atau rumah tinggal yang digunakan untuk tempat usaha.

4.  Asuransi Kebakaran – BCA

BCAinsurance memberikan perlindungan dari risiko kerugian yang terjadi pada rumah atau properti Anda dengan jaminan pokok berupa kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap. Di laman bcainsurance.co.id, Anda juga bisa mengambil perluasan jaminan antara lain banjir, badai, angin topan dan kerusakan akibat air, kerusakan akibat kendaraan, kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat dan huru-hara, terorisme atau sabotase, gempa bumi, letusan gunung berapi dan tsunami. Ada tiga pilihan biaya premi yang ditawarkan, yakni kurang dari Rp250.000, Rp250.000 – Rp1.000.0000, dan lebih dari Rp1.000.000.