Cara Mudah Menghitung Tarif Premi Asuransi Mobil

Cara Mudah Menghitung Tarif Premi Asuransi Mobil

Setiap kendaraan memiliki nilai premi asuransi yang berbeda-beda. Nilai tersebut tergantung pada jenis asuransi yang diambil, apakah total loss only (TLO), komprehensif (all risk) atau kombinasi. Asuransi mobil dengan menggunakan all risk akan dilindungi asuransi atas kerugian sebagian atau keseluruhan mobil akibat risiko seperti kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, dan kecelakaan.

Pemegang asuransi mobil TLO akan mendapat perlindungan jika kerusakan di atas 75 persen. Sementara untuk asuransi kombinasi, penerapan asuransi kombinasi ini tergantung pada pilihan pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi.

Sebagai contoh asuransi mobil kombinasi, pada tahun pertama hingga ketiga, pertanggungannya adalah jenis all risk ketika kondisi kendaraan masih baru. Kemudian di tahun-tahun berikutnya beralih ke asuransi TLO mengingat usia kendaraan yang sudah tidak muda lagi. Jenis asuransi ini bisa disesuaikan dan tergantung pada kondisi kendaraan dan keuangan pemiliknya.