Jangan salah memilih asuransi agar rumah tinggal aman.

7 Tips Memilih Asuransi Rumah Tinggal yang Tepat

Pentingkah rumah diasuransikan? Mungkin pertanyaan ini kerap timbul dalam benak Anda yang menghuni rumah warisan orang tua atau membeli rumah secara tunai. Ini karena rumah yang masih dalam masa angsuran Kredit Pemilikan Rumah (KPR), otomatis dilengkapi dengan premi asuransi kebakaran dan asuransi jiwa selama masa angsuran berlangsung, karena ini adalah syarat wajib dari bank pemberi pinjaman. Bagi pemilik rumah rumah warisan atau rumah yang dibeli secara tunai, tentunya perlu untuk dilindungi aset pribadi ini melalui asuransi rumah.

Saat ini cukup banyak produk asuransi rumah tinggal yang ditawarkan. Setiap perusahaan asuransi memberikan beragam manfaat dengan harga premi yang berbeda. Jika ingin membeli asuransi rumah, ada baiknya mengenal lebih jauh jenis-jenis asuransi rumah agar tidak salah pilih.

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, tentu Anda perlu tahu mengenai pola atau cara lain dari produk tersebut. Dengan demikian, maka Anda tidak akan kecewa atau bahkan merasa dirugikan akibat terjadinya pembelian yang dilakukan. Hal ini juga akan berlaku di dalam asuransi rumah. Anda tentu ingin mengetahui secara jelas manfaat serta cara kerja yang diterapkan oleh perusahaan asuransi di dalam produk yang akan Anda beli.


Asuransi rumah seperti apa yang layak dipilih? Simak tips memilih asuransi rumah yang tepat sebagai berikut.

1.  Sesuaikan dengan kebutuhan

Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah memahami pentingnya asuransi rumah. Setelah memahaminya, maka lihatlah asuransi rumah seperti apa yang Anda butuhkan. Apakah kebutuhan itu hanya untuk melindungi risiko kebakaran, pencurian, banjir, atau bencana alam seperti gempa atau banjir. Kebutuhan asuransi ini terkait dengan plihan jenis asuransi yang ada, yaitu, asuransi rumah kebakaran dan asuransi rumah all risk.

Baca juga: Dua Jenis Asuransi Properti yang Perlu Anda Ketahui Perbedaannya

2.  Mengitung kemampuan

Sebelum memutuskan untuk mengambil asuransi rumah, sebaiknya menghitung kembali kemampuan membayar premi setiap bulannya. Jangan sampai asuransi yang sudah Anda sepakati dengan pihak asuransi, tersendat di pertengahan jalan karena tidak sanggup membayar premi.

3.  Lakukan perbandingan

Jangan mudah tergiur dengan satu asuransi rumah saja. Cari sebanyak-banyak informasi dan pilihan asuransi rumah. Lakukan perbandingan, mulai dari nilai premi yang harus dibayarkan, pertanggungan, proses klaim, dan kemudahan lainnya seperti fasilitas online.

4.  Pilih asuransi rumah yang tepat

Pilihlah asuransi yang memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik. Hal itu akan berkaitan dengan jaminan layanan yang akan Anda dapatkan dari perusahaan asuransi. Gunakan perusahaan asuransi yang terpercaya dan bisa memenuhi kebutuhan Anda akan layanan asuransi yang mumpuni.