6 Hal Penting untuk Menghitung Simulasi Kredit Mobil

6 Hal Penting untuk Menghitung Simulasi Kredit Mobil

Kredit kendaraan bermotor (KKB) menjadi jawaban bagi beberapa orang yang belum memiliki dana tapi membutuhkan mobil sebagai alat transportasi mereka sehari-hari.  KKB merupakan produk keuangan yang ditawarkan bank atau perusahaan multifinance kepada pihak peminjam untuk membeli sebuah kendaraan, bisa mobil bisa juga motor.

 

Ada beragam pilihan KKB dari berbagai bank dan leasing yang masing-masing menawarkan uang muka dan suku bunga berbeda-beda. Bagaimana sih hitung-hitungan angsuran kredit mobil? Anda bisa mencari tahu bagaimana angka pada simulasi kredit mobil itu didapatkan. Ada sejumlah komponen yang perlu diperhitungkan, seperti DP, suku bunga, asuransi, serta biaya administrasi.

 

Berikut penjelasan mengenai hitungan kredit pembiayaan kredit mobil yang diambil dari tunaiku.com dan halomoney.co.id (19/10/2018).



 

1. Jumlah DP

Biar gampang, mari kita asumsikan harga on the road (OTR) dari mobil yang ingin Anda beli adalah Rp200.000.000. Umumnya, lembaga pembiayaan menerapkan 20-30 persen dari harga OTR sebagai uang muka. Karena tidak ingin cicilannya terlalu mahal, Anda mengambil DP yang persentasenya paling besar, yaitu 30 pesen. Jika dihitung, maka DP yang mesti Anda siapkan adalah: Rp200.000.000 x 30 persen = Rp60.000.000. Demikian dikutip dari halomoney.co.id (19/10/2018).

 

2. Pokok Kredit (PK)

Pokok kredit adalah dana yang kamu pinjam dari bank atau leasing sebelum ditambah bunga. PK dihitung dari harga OTR mobil dikurangi DP. Dengan DP sebesar Rp60 juta, maka pokok kredit yang mesti Anda tanggung adalah Rp140.000.000.

 

3. Kalkulasi Tenor Cicilan & Suku Bunga

Tenor adalah lamanya periode cicilan. Waktu tenor kedit atau jangka waktu cicilan kendaraan baru hingga 5 tahun, kendaraan bekas jangka waktu 10 tahun (dihitung usia kendaraan dan jangka waktu pembiayaan). Semakin lama tenornya, biasanya nominal angsuran per bulannya semakin kecil, tapi suku bunganya akan semakin tinggi.

 

Anda bisa membandingkan suku bunga kredit mobil baru dan bekas di sejumlah bank dan leasing, suku bunga untuk tenor 1 tahun berkisar antara 3,65-10 persen, sementara untuk tenor 5 tahun mulai dari 6,38-11 persen. Untuk menghitung simulasi kredit ini, anggaplah Anda mengambil tenor selama 5 tahun dengan suku bunga flat sebesar 7 persen.

 

4. Tarif Bunga

Tarif bunga dihitung dari pokok kredit dikali suku bunga dikali jumlah tahun. Jadi, besarnya tarif bunga yang mesti saya bayarkan adalah: Rp140.000.000 x 7 persen x 5 tahun = Rp49.000.000. Setelah mengetahui besaran tarif bunga yang saya tanggung, Anda pun dapat menghitung cicilan per bulan.