Memahami Konversi Kurs Mata Uang Dunia

Memahami Konversi Kurs Mata Uang Dunia

Apa yang terpikirkan ketika mendengar kalimat, “kurs mata uang dunia”? Sebagian orang mungkin berpikir soal negara-negara yang tersebar di lima benua, dan banyak pula yang justru memikirkan soal angka-angka. Harus diakui, kehidupan suatu negara tentu tidak bisa lepas dari yang namanya kurs valuta asing.

Nilai tukar menjadi penting karena di era modern ketergantungan antara satu negara dan negara lainnya menjadi sangat tinggi. Pergerakan harga di pasar uang juga dipantau oleh pelaku investasi, terutama orang-orang yang berkecimpung di dunia valuta asing (forex).

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan “Newbie” Sebelum Memulai Trading

Pada prinsipnya, nilai mata uang suatu negara (kurs) adalah hasil konversi mata uang negara tersebut dengan mata uang negara lainnya. Angkanya berubah setiap waktu, sesuai dengan dinamika yang terjadi di berbagai sektor di dua negara bersangkutan.

Selain kondisi ekonomi, nilai tukar mata uang turut dipengaruhi oleh situasi politik. Semakin bagus suhu politik suatu negara maka semakin tinggi pula kepercayaan pelaku pasar finansial terhadap mata uang negara tersebut.