OPINI-~1.JPG

6 Keuntungan “Ekstra” dari Aktivitas Trading

Kehidupan tidak melulu berbicara soal uang dan materi. Meskipun tujuan utama dari investasi adalah mempertebal kocek, jangan sampai aktivitas investasi mengganggu kualitas hidup atau membuat Anda stres. Banyak orang menganggap trading adalah suatu aktivitas yang menegangkan dan tidak mengasyikkan. Pendapat itu tidak sepenuhnya akurat karena jika dilakukan dengan benar, aktivitas trading bisa sesungguhnya dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan “Newbie” Sebelum Memulai Trading

Sangat banyak keuntungan immaterial yang bisa diperoleh dari aktivitas trading ini. Namun secara umum, ada enam keuntungan. Apa saja itu, ini ulasannya:

1. Memberikan Pengalaman Baru

Mungkin dahulu Anda adalah pekerja kantoran yang hanya paham soal berkas-berkas dan pembukuan saja. Namun, sekarang tidak lagi. Anda sedang memasuki dan mengambil pengalaman baru di dunia investasi dengan trading. Aktivitas baru ini akan membuat hidup Anda lebih berwarna karena memacu adrenalin dan melibatkan emosi. Tidak ada lagi waktu-waktu yang kurang produktif dalam hidup Anda karena trading bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

2. Membiasakan Diri untuk Sabar dan Disiplin

Dengan menempatkan uang dalam suatu investasi, Anda akan dilatih untuk bersikap sabar dan disiplin. Jika tidak, keuntungan sulit didapat dan modal Anda bisa terbuang sia-sia. Apabila Anda membawa sikap buruk dalam keseharian saat melakukan trading, percayalah hanya akan memikul kerugian.

Kesabaran sangat dibutuhkan dalam pengambilan posisi dan disiplin diperlukan supaya Anda tidak bertindak asal-asalan. Jika dijalani dengan sungguh-sungguh, perubahan mentalitas dalam trading bisa berpengaruh positif terhadap sikap Anda dalam kehidupan sehari-hari.


3. Membuat Anda Lebih Pintar

Kalau dahulu Anda terlalu sibuk bekerja atau malas membaca berita, hal itu tidak akan terjadi lagi saat terlibat dalam aktivitas trading. Trading akan memaksa Anda untuk menjadi pribadi yang serba ingin tahu. Anda akan membutuhkan berita sebagai acuan trading.

Suka atau tidak, Anda dituntut supaya lebih akrab dengan buku, internet, televisi, media, dan sumber berita lainnya. Secara otomatis juga Anda ikut menyerap berbagai informasi yang beredar, bahkan yang tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan pergerakan harga produk investasi Anda.

Baca juga: Pilih Mana, Investasi Saham atau Trading Saham?

4. Memperluas Jaringan Bisnis dan Pertemanan

Tujuan utama dari trading adalah menghasilkan keuntungan. Tidak jarang untuk mencapainya Anda harus berbagi kiat dan ilmu dengan orang lain. Caranya sangat bervariasi, bisa dengan mengikuti training, seminar, forum komunitas atau berbagi strategi trading di media sosial. Jangan sungkan untuk mencari referensi baru dari banyak sumber, termasuk rekan sesama trader.

Daftarkan diri Anda untuk mengikuti program-program edukasi trading dan situs-situs online tempat berkumpul para investor. Seiring dengan bertambahnya jaringan pertemanan, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan rekan kerja sama di bisnis lainnya.

5. Berpikir Taktis

Trading hanyalah untuk orang-orang yang tanggap dalam mengambil keputusan. Jika terlambat sepersekian detik saja, peluang keuntungan bisa melayang. Trading dapat melatih kemampuan Anda dalam merespon perubahan secara cepat. Jangan takut untuk bereaksi cepat jika Anda sudah yakin dengan posisi yang akan diambil.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Segala aspek dalam dunia trading berkaitan erat dengan angka, mulai dari harga produk, kurs mata uang, laporan ekonomi hingga penempatan posisi. Jika sudah terbiasa melihat angka-angka tersebut setiap hari, daya ingat Anda terlatih menjadi lebih tajam. Hal ini ikut berpengaruh positif terhadap kehidupan sehari-hari, karena Anda tidak akan pernah lagi melupakan hari ulang tahun orang-orang tersayang atau nomor pin ATM bank.

ads
Blogger Pemula

Blog Tutorial, SEO, Widget dan Pengetahuan

www.blogodot.com

Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Dec. 3, 2018, 1:58 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.