anda-perlu-hati-hati-dengan-undian-1.jpg

Pertimbangkan Untung Ruginya Tabungan Berhadiah

Banyak bank yang akhir-akhir ini mengeluarkan promo tabungan untuk menarik perhatian calon nasabah dan mempertahankan nasabah. Dari bermacam hadiah undian, hadiah langsung, hingga insentif menarik berupa bunga tinggi dan bebas biaya administrasi ditawarkan.


Sebelum memutuskan, apakah Anda sudah mempertimbangkan untung dan ruginya?






Keuntungan Tabungan Berhadiah


1. Menambah peralatan rumah tangga

Sebagai calon nasabah, Anda akan diberikan hadiah langsung berupa peralatan rumah tangga atau sejenisnya. Saat membuka rekening, seketika itu juga Anda berhak membawa pulang peralatan rumah tangga yang bermanfaat. Tidak hanya itu, kadang peralatan rumah tangga yang ditawarkan tidak mudah dicari dipasaran.


2. Mendapatkan bunga lebih

Beberapa bank juga memberikan promo tabungan dengan opsi menawarkan bunga lebih. Biasanya bunga lebih ini akan ditawarkan nasabah yang cukup lama mendepositkan dana mereka di bank tersebut. Dengan bunga lebih, pendapatan Anda dari bunga tabungan juga akan lebih besar sehingga dana Anda yang ada di bank jadi bertambah. Penghasilan lebih bisa Anda dapatkan dari bunga bank.


3. Bebas biaya administrasi

Selain hadiah langsung dan bunga lebih, bank juga kerap kali memberikan promo tabungan bebas biaya administrasi. Artinya, saldo Anda tidak akan dipotong sepeserpun untuk administrasi dalam setiap transaksi perbankan yang Anda lakukan baik bernilai besar maupun kecil. Hal ini cukup menguntungkan bagi Anda yang kiranya hanya memiliki saldo dengan jumlah yang tidak terlalu besar. Uang Anda tidak akan habis dengan sendirinya karena biaya administrasi tiap bulan yang dikenakan bank.


4. Hadiah undian dengan nilai besar

Semakin lama Anda menjadi nasabah sebuah bank dan semakin besar transaksi yang Anda lakukan di sebuah bank, semakin besar kemungkinan Anda memenangkan undian berhadiah. Bank biasanya akan menghitung poin Anda yang didapatkan dari setiap kali Anda melakukan transaksi perbankan, baik tarik-setor maupun transfer antar rekening. 


Kerugian Tabungan Berhadiah:


1. Dana terkunci dalam waktu tidak sebentar

Hal yang paling lazim dilakukan pihak bank berkaitan dengan tawaran tabungan berhadiah adalah langsung mengunci dana Anda. Bila Anda membawa pulang hadiah, wajib menabung dalam jumlah tertentu kemudian dana tersebut “dikunci” dan tidak boleh diambil selama jangka waktu tertentu. 


2. Suku bunga berbeda atau lebih kecil

Suku bunga pada rekening bank Anda juga biasanya berbeda dibandingkan dengan suku bunga tabungan yang berlaku. Bank menganggapnya sebagai kompensasi dari pemberian hadiah. Jika jumlah nominal yang harus ditabung tiap bulan cukup besar, sebaiknya Anda pertimbangkan ulang. Jangan-jangan sama dengan Anda membeli barang tersebut dan mencicilnya dengan kartu kredit.


3. Dana tidak bisa digunakan sewaktu-waktu

Jangka waktu penyimpanan tabungan juga salah satu faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Kebanyakan orang menaruh uangnya di bank sebagai dana darurat. Kalau tiba-tiba dana itu dibutuhkan, Anda bisa terkena pinalti jika mengambilnya sebelum waktunya.


5. Adanya penalti

Apakah Anda benar-benar mampu menjaga kesinambungan tersebut. Sebab, kegagalan menjaga kesinambungan menabung pasti diganjar penalti pihak bank. Kalau cuma sekadar menarik kembali hadiah, tentu tak mengapa. Namun kalau pokok tabungan kena potong, rugi di Anda kan?   



 



Namun Anda juga perlu hati-hati juga dengan undian promo tabungan dari bank karena beberapa orang tidak bertanggungjawab menggunakannya untuk melakukan penipuan. Plus pastikan Anda benar-benar membaca syarat dan ketentuan yang berlaku.



ads
Blogger Pemula

Blog Tutorial, SEO, Widget dan Pengetahuan

www.blogodot.com

Rooslain Wiharyanti
rooslain
Nov. 30, 2018, 1:09 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.