Pernikahan tidak akan berkurang kesakralannya jika dilangsungkan dengan sederhana.

Cara-cara Berhemat Menghadapi Biaya Pernikahan

Pernikahan merupakan sebuah perayaan yang penting dalam hidup Anda. Hari penyelenggaraannya menjadi titik perubahan status yang berarti bagi Anda. Pastinya tidak sedikit atau bahkan semua orang menginginkan pernikahan terbaik. Bukan hanya untuk Anda dan pasangan tapi juga untuk keluarga dan para undangan. Namun, untuk mewujudkannya butuh biaya yang tidak kecil.

 

Anda dan keluarga belum tentu memiliki dana untuk menyelenggarakan pernikahan sesuai impian bersama. Kalaupun ada dananya, bisa jadi Anda merasa dana tersebut lebih baik dialokasikan untuk sesuatu yang lebih penting, seperti DP rumah atau untuk modal awal berkeluarga.

 

Pernikahan Anda tidak akan berkurang kesakralan dan keindahannya jika dilangsungkan dengan sederhana. Semua kebutuhan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan. Lupakan dengan tuntutan keluarga besar atau gengsi di hadapan teman-teman. Diskusikan terutama dengan pasangan dan keluarga inti. Jika semua sepakat, bersama-sama Anda bisa mewujudkan pernikahan dengan memaksimalkan dana yang ada.



 

Berikut lima cara untuk berhemat menghadapi biaya pernikahan.

 

1. Sederhana dan Tidak Berlebihan


Berbagai media seperti majalah atau situs pernikahan, serta unggahan foto pernikahan selibriti mungkin sudah mempengaruhi pandangan Anda tentang bagaimana resepsi pernikahan seharusnya berlangsung. Berusahalah agar tetap realistis dengan kemampuan Anda. Anda tidak perlu cake menjulang tinggi yang hampir menyentuh langit-langit ruangan lokasi resepsi pernikahan atau ukiran es balok raksasa yang mampu mengundang decak kagum tamu undangan. Tidak perlu jika Anda tidak mampu dan tidak perlu dipaksakan mampu.

 

Cukup masukan elemen-elemen yang Anda inginkan dan butuhkan dan singkirkan elemen yang tidak perlu. Lupakan orang dan hal-hal lain yang mencoba mendikte Anda dengan elemen tambahan.

 

2. Lokasi Pesta


Gedung resepsi, rumah sewaan nan cantik, hotel, hingga restoran berlomba menyediakan paket pernikahan. Mereka melakukan promosi demi menjadi lokasi favorit semua orang untuk menikah di akhir pekan. Harga yang akan dipasang di lokasi-lokasi semacam itu akan terus meningkat nilainya tiap tahun.

 

Bila ingin harga yang ekonomis, carilah lokasi yang tidak terlalu banyak dilirik orang. Bila rumah sendiri masih sangat memungkinkan untuk menggelar pesta pernikahan, kenapa tidak.