Trik Agar Anggaran Makan Bulanan Tidak Membengkak

Trik Agar Anggaran Makan Bulanan Tidak Membengkak

Dalam pos pengeluaran bulanan, baik rumah tangga maupun perorangan, anggaran untuk membeli makanan termasuk bagian yang menguras biaya. Porsinya bisa menyerap sampai setengah dari penghasilan bulanan. Cobalah periksa catatan pengeluaran yang Anda miliki. Berapa persen dari penghasilan Anda digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok tersebut.

Bila anggaran untuk memenuhi kebutuhan makan itu terasa membengkak, maka mulailah membuat resolusi baru dalam menerapkan porsi anggaran bulan. Seperti dikutip oleh food.detik.com menuliskan pembagian anggaran dengan sistem pembagian 50 : 30 : 20 dinilai cukup baik untuk diterapkan.

Baca juga: Cara Menabung Bagi yang Berpenghasilan Pas-Pasan

Porsi hitungan sederhana tersebut meliputi 50 persen pendapatan untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan pokok termasuk kebutuhan makan. Kemudian 30 persen untuk memenuhi hasrat belanja, dan 20 persen untuk menabung.

Nah, untuk menekan membengkaknya biaya makan per bulannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penghematan.

1. Hindari penggunaan kartu kredit

Sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit dalam melakukan transaksi. Prioritaskan kartu tersebut untuk keperluan lain yang lebih penting dan sifatnya darurat. Saat berbelanja atau makan di restoran, lebih baik melakukan pembayaran dengan menggunakan uang tunai. Ada alasan di balik hal ini. Uang tunai bisa Anda lihat dan pegang. Anda bisa melihat berkurangnya uang di tangan Anda saat berbelanja. Jadi, Anda akan lebih berhati-hati menggunakan uang yang ada.