Siapkan Dana Pendidikan Anak dengan Tabungan

Siapkan Dana Pendidikan Anak dengan Tabungan

Menyiapkan dana pendidikan anak sedari awal memang perlu dilakukan. Hal itu mengingat setiap tahun biaya pendidikan cenderung naik. Dengan memiliki tabungan, orangtua akan bisa merasa siap ketika tiba saat sang buah hati masuk sekolah tanpa harus pusing untuk berutang.

Tabungan adalah produk keuangan yang buat oleh bank. Meski secara umum, tabungan memberi bunga yang relatif kecil, namun masih banyak orang tetap tertarik menggunakan produk tabungan konvensional dari perbankan. Salah satunya digunakan sebagai dana untuk pendidikan anak.

Namun selain tabungan konvensional yang bisa digunakan untuk dana pendidikan, setiap bank juga memiliki produk yang dikhususkan sebagai dana pendidikan. Salah satu turunan dari tabungan konvensional adalah tabungan pendidikan.

Oleh sebab itu, sebagai orangtua perlu mengetahui dan merencanakan dana pendidikan anak. Berikut ini pilihan tabungan yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan dana persiapan pendidikan anak.

Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional adalah jenis tabungan yang hampir dimiliki oleh semua orang. Tabungan ini terbilang paling populer karena berbagai kemudahan yang diberikan oleh produk ini. Dengan memiliki tabungan ini, Anda bisa menyimpan dan menyetorkan uang kapan saja. Salah satu keunggulan tabungan konvensional ini yang mungkin tidak ada di produk keuangan perbankan lainnya adalah Anda bisa menarik uang kapan saja dibutuhkan dan memeriksa rekening koran tabungan.

Namun dibalik keunggulan itu, ada juga kelemahan dari tabungan konvensional. Setiap bulan, Anda akan dikenakan biaya administrasi yang nominalnya bisa mencapai belasan ribu rupiah. Selain itu, tabungan konvensional hanya memberikan bunga yang relatif kecil tergantung pada besaran dana yang tersimpan. Ambil contoh saja, suku bunga tabungan Bank Central Asia (BCA) yang berlaku aktif 1 Juni 2018, dana dengan nominal lebih dari Rp1 miliar hanya mendapat bunga sekitar 1,45 persen.

Tabungan Pendidikan

Tabungan ini memang dibuat khusus oleh pihak bank untuk pendidikan. Dibandingkan dengan tabungan konvensional, tabungan pendidikan ini memiliki fasilitas asuransi dan bunga yang cukup menarik. Jenis tabungan ini merupakan turunan dari tabungan konvensional.

Dengan memiliki tabungan pendidikan, Anda bisa membuka rekening dengan sistem auto debit dari tabungan utama Anda. Artinya, secara otomatis bank akan memotong uang dari tabungan utama dan memasukkan sejumlah uang ke dalam tabungan pendidikan. Jumlah uang yang otomatis auto debit itu tentu akan disesuaikan dengan kesanggupan dari nasabah.


Berdasarkan penelusuran moneysmart.id, beberapa bank yang memiliki produk tabungan pendidikan. Bank-bank tersebut menawarkan berbagai fasilitas kemudahan dengan tingkat bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan konvensional.

1. BNI Tapenas

BNI Tapenas atau BNI Tabungan Perencanaan Masa Depan ini memiliki dua pilihan mata uang yang bisa digunakan yakni rupiah dan dolar. Tabungan ini memiliki jangka waktu menabung mulai dari 2-18 tahun. Tapenas ini memberikan fasilitas bebas premi dan bunga mencapai 4 persen untuk mata uang rupiah dan 0,50 persen untuk dolar. Sementara biaya administrasinya sekitar Rp18 ribu atau USD3 setiap tahunnya. Selain itu, ada juga pilihan asuransi tambahan tanpa pemeriksaaan kesehatan, seperti asuransi jiwa dan kesehatan dengan sistem double claim.

2. Tabungan Pendidikan CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga pada produk tabungan pendidikan memberikan tingkat bunga yang lebih besar sekitar 4,85 persen setahun. Ditambah lagi ada pemberian asuransi gratis yang mmeberi jaminan hingga Rp160 juta. Fasilitas lain yang ditawarkan seperti tabungan pendidikan ini tidak menetapkan batasa waktu sehingga Anda bebas menentukan kapan jatuh tempo tabungan pendidikan. Setoran tabungan pendidikan CIMB Niaga ini mulai dari Rp100 ribu per bulan.

3. Tabungan Pendidikan Xtra

Selain tabungan pendidikan CIMB Niaga, bank ini juga memiliki produk lain yang manfaatnya hampir serupa. Untuk Tabungan Pendidikan Xtra ini bunga yang diberika relatif lebih kecil sekitar 3 persen dengan setoran awal sebesar Rp5 juta dan setoran per bulannya Rp500 ribu serta biaya administrasi sebesar Rp5.000 yang dimulai pada bulan ke-3. Jangka waktu menabungnya mulai dari 3, 5, 10, 15, hingga 20 tahun. Sayangnya, Tabungan Pendidikan Xtra mewajibkan adanya pemeriksaan kesehatan sebagai syarat mendapatkan asuransi.

4. Tabungan Rencana Bank Mandiri

Tabungan pendidikan yang tersedia di Bank Mandiri ditawarkan dalam bentuk Tabungan Rencana Bank Mandiri. Pemberian bunga dari tabungan ini bergantung pada lamanya jangka waktu menabung. Bunganya bisa mencapai 3 persen per tahun setelah dipotong pajak.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 29, 2018, 3:48 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.