Sebelum Membeli, Pelajari Tentang Pentingnya Asuransi Mobil

Sebelum Membeli, Pelajari Tentang Pentingnya Asuransi Mobil

Jumlah korban kecelakaan lalu lintas di Indonesia sekitar 28.000-30.000 jiwa per tahun. Data yang disebutkan Kepala Korps Lalu-lintas Kepolisian Indonesia Inspektur Jenderal Royke Lumowa, seperti dikutip dari tempo.co juga dilengkapi pernyataan Kepala Kepolisian Indonesia Jenderal Tito Karnavian yang mengatakan tingkat kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih tinggi di antara negara-negara ASEAN.

 

Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara Forum Polantas ASEAN 2017 pada akhir tahun lalu. Menurut mereka korban kecelakaan di Indonesia lebih banyak dari jumlah korban terorisme, bencana tsunami, dan bencana banjir.


Kesadaran akan bahaya berkendara di jalan raya, membuat beberapa begara menjadikan asuransi mobil wajib hukumnya. Misalnya di India, asuransi mobil adalah wajib dan mempunyai dasar hukum yang kuat. Berkeliling dengan kendaraan roda empat tanpa asuransi mobil adalah sebuah tindakan yang ilegal. Karena hal ini sangat berguna dan penting ketika terjadi kecelakaan atau bahkan sampai berujung kepada kehilangan jiwa. Di sinilah peran dari asuransi mobil yang bisa melindungi dan menanggung kerusakan dari mobil itu sendiri.


 


Mendengar data tersebut, asuransi mobil atau kendaraan bermotor jadi terasa penting bukan? Sebelum Anda terburu-buru membelu produk asuransi kendaraan bermotor, kenali dulu dan pelajari mengapa asuransi ini penting. Berikut seperti dikutip dari asura.co.id.


Baca juga: Apa Saja Jenis Asuransi untuk Kendaraan Anda?

 

Apakah Asuransi Mobil Itu?


Jenis asuransi mobil atau dikenal sebagai asuransi pihak ketiga berguna melindungi Anda dan juga orang lain yang mungkin menumpang atau mengemudikan mobil Anda. Asuransi mobil yang baik adalah yang dapat melindungi mobil Anda dari apapunpun seperti: bencana alam, pencurian, kerusuhan, gempa bumi, topan, badai bahkan serangan teroris sekalipun.

 

Apa Saja Janis Asuransi Mobil?


Secara umum di Indonesia dikenal ada dua jenis jaminan asuransi yaitu Asuransi Kerugian Total (TLO) dan Asuransi Gabungan atau Komprehensif (biasa juga di sebut All Risk).

 

1. Jenis asuransi TLO hanya menanggung kerugian yang disebabkan atas mobil atau kendaraan Anda hilang karena pencurian mobil dan jika mobil atau kendaran anda mengalami tabrakan atau kecelakaan, dengan nilai kerugian minimum 75 persen dari total jaminan asuransi. Estimasi kerusakan dilakukan oleh bengkel yang resmi atau yang sudah kerjasama dengan pihak asuransi

 

2. Jenis Asuransi gabungan atau komprehensif di sini artinya adalah asuransi yang dapat menanggung berbagai macam kerugian, termasuk kerugian kecil seperti hilangnya salah satu kaca spion mobil anda atau karena salah satu lampu mobil anda hilang dicuri orang atau juga karena adanya goresan pada mobil anda akibat terserempet oleh kendaraaan lain dan lain sebagainya.

 

3. Jenis asuransi all risk ini dikenal sama dengan asuransi gabungan (komprehensif), padahal ada perbedaan yang signifikan dalam hal perlindungan dan juga biaya preminya. Asuransi all risk sebenarnya adalan asuransi komprehensif ditambah dengan tambahan benefit asuransi, seperti untuk perlindungan mobil atas bencana alam dan juga huru-hara dan lain sebagainya.



Baca juga: Kenapa Asuransi Mobil itu Penting? Ini Alasannya


Apa Saja yang Perlu Ditanyakan ke Agen Asuransi?


Ada beberapa pertanyaan penting yang perlu ada tanyakan sebelum atau bahkan saat Anda akan membeli asuransi yaitu: Apakah asuransi yang saya beli juga menanggung semua biaya tersebut atau saya masih harus menanggung biaya lainnya dari kantong saya sendiri? Jika masih ada yang harus saya tanggung sendiri, itu biaya apa saja?

 

Setelah semua jelas, barulah Anda bisa menentukan dengan pertimbangan yang lebih matang. Selamat memilih asuransi untuk mobil Anda!


Rooslain Wiharyanti
rooslain
Nov. 29, 2018, 1:30 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.