Pertimbangkan Hal ini Sebelum Menambah Kartu Kredit

Pertimbangkan Hal ini Sebelum Menambah Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit memang memberikan banyak kemudahan. Bahkan saat ini, pihak bank bukan hanya memberi banyak menawarkan promo menarik, tetapi juga memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin mengajukan kartu kredit tambahan. Di sisi lain, Bank Indonesia pun sudah mengajukan aturan kepemilikan kartu kredit bagi perorangan sejak tahun 2015 lalu,.

Setiap orang yang dengan penghasilan Rp3 juta-Rp10 juta per bulan dengan maksimal dua kartu kredit dengan jumlah maksimal plafon pinjaman tiga kali penghasilan bulanan. Namun tahukah Anda ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan mengambil kartu kredit tambahan. Majalah Forbes seperti dikutip dari Beritagar memberikan beberapa pertimbangannya.

1. Kualitas kredit

Sejak Januari 2018, pengelolaan BI Checking beralih dari Bank Indonesia (BI) ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebelum mengajukan kredit apapun pada lembaga keuangan, mereka akan melihat data dan status kredit di daftar itu. Di BI Checking, OJK membagi nasabah dalam lima skor. Skor satu adalah nasabah lancar, skor dua adalah nasabah yang menunggak utang kredit dari 1-90 har. Begitu seterusnya sampai skor kredit lima untuk nasabah yang menunggak cicilan kredit lebih dari 180 hari. Skor 3-5 biasanya mendapat blacklist BI Checking. 

Baca Juga: Tips Cerdas Mengendalikan Pemakaian Kartu Kredit

2. Perhitungan bunga

Bank Indonesia akan memberi batas maksimal bunga kartu kredit adalah 2,5 persen per bulan atau 30 persen per tahun. Bila skor BI checking buruk, bank bisa menambah bunga tambahan.

3. Jumlah biaya tahunan

Banyak orang menganggap annual fee harus dibayar sebagai iuran kartu kredit. Ini tidak sepenuhnya benar karena beberapa penerbit atau tipe kartu kredit tidak membebankan biaya ini pada nasabah. Anda hanya harus lebih rajin melakukan seleksi.

4. Biaya tambahan

Perusahaan yang menerbitkan kartu kredit juga menjalankan bisnis dan berharap mendapat keuntungan. Salah satu keuntungan mereka adalah tambahan transaksi, transfer, dan penarikan tunai.


Sementara itu, laman Cermati memberi tambahan saran bagi Anda yang ingin menambah kartu kredit. Di sini, beberapa poin yang harus duperhatikan antara lain:

1.  Limit

Limit yang diberikan pada kartu kredit tambahan tidaklah terpisah dengan limit yang diberikan kepada kartu kredit utama. Limit yang ada merupakan sharing limit yang dapat diartikan satu limit untuk dua kartu. Misalkan limit yang diberikan 20 juta rupiah dan pemegang kartu utama sudah memakainya sekitar 15 juta rupiah. Maka sisa limit yang dapat digunakan oleh kartu kredit tambahan hanya sebesar 5 juta rupiah.

2. Promo

Pertimbangan lain sebelum membuat kartu tambahan adalah promo yang dapat diperoleh untuk pemegang kartu tambahan. Apakah ada promo menarik seperti pemberian bunga belanja yang lebih rendah bagi pemegang kartu tambahan dalam periode tertentu, atau tidak. Kalau ada, tentunya Anda dapat diuntungkan dengan hal tersebut.

3. Kebutuhan akan kartu kredit

Pertanyaan yang harus diperhatikan adalah apakah kartu kredit tambahan yang akan dibuat nantinya dapat memenuhi kebutuhan si pemegang kartu nantinya. Sebaiknya, cobalah Anda pertimbangkan lagi apakah pembuatan kartu kredit tambahan dari bank penerbit sudah sesuai dengan kebutuhan nantinya.

Baca Juga: Untung Rugi Membuka Usaha dari Modal Pinjaman

4. Penggunaan kartu kredit

Pertimbangkan secara matang apakah kartu kredit tambahan yang akan kita buat nantinya dapat dipertanggungjawabkan dengan bijaksana agar terhindar dari tagihan yang over limit.

5. Kemampuan finansial

Kemampuan finansial Anda dalam membayar tagihan kartu kredit juga menjadi hal yang penting, baik Anda sebagai pemegang kartu utama maupun tambahan. Anda bisa mulai menghitung berapa dana yang harus Anda keluarkan untuk membayar kartu kredit utama, ditambah jika Anda memiliki kartu kredit tambahan. Untuk itu, bijaklah dalam hal penggunaan kartu kredit, baik sebagai kartu kredit utama maupun sebagai kartu kredit tambahan.


Ichwan Hasanudin
ichwan.hasanudin
Nov. 29, 2018, 2:17 p.m.

Comments

Please log in to leave a comment.